Close

Peduli Korban Gempa, Pemkab Tanahdatar Distribusikan Bantuan

KUNJUNGI ANAK DI PENGSUIAN—Bupati Eka mengajak anak-anak dipengungsian untuk bermain dan bergembira menghilangkan trauma gempa.

TANAHDATAR, METRO–Pemerintah Daerah Ka­bupaten Tanah Datar distribusikan bantuan bencana gempa bumi 6,2 SR di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat yang dihimpun dari Aparat Sipil Negara (ASN) Lingkup Pem­kab Tanah Datar, donatur dan dari berbagai aksi penggalangan dana yang dilakukan berbagai organisasi maupun komunitas di Tanah Datar.

Bantuan yang sudah terkumpul tersebut langsung diantarkan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Lise Eka Putra, Kepala BPBD, Kadis PUPR, Plt. Kadis So­sial, Plt. Kadis Kominfo, Dir. RSUD M. Ali Hanafiah, Pim­pinan sekaligus Owner RS­IA Sayang Ibu Batusang­kar dan beberapa pejabat daerah lainnya, Kamis (3/3) ke dua kabupaten tersebut.

Rombongan dengan iring-iringan itu sebelumnya bertolak dari Gedung Indo Jolito Batusangkar menuju Kabupaten Pasaman dan dilanjutkan menuju Kabupaten Pasaman Barat.

Di Kabupaten Pasaman Bupati Eka Putra didampi­ngi Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra dan rombongan disambut langsung Bupati Pasaman Benny Utama beserta Ketua TP PKK Pa­saman Ny. Susi Benny Utama di Kantor Camat Tigo Nagari.

Pada kesempatan itu usai menyerahkan bantuan dikatakan Bupati Eka Putra saat ini pemkab me­ngantarkan bantuan berupa uang tunai dan kebutuhan yang mendesak bagi masyarakat yang tertimpa musibah. “Saat ini kita antarkan bantuan bagi ma­syarakat, namun ada juga yang mendesak seperti toilet umum, dan kita Pemkab Tanah Datar punya Mobil Toilet Portable dan itu akan segera kita kirimkan ke Pasaman,”ucapnya.

Ditambahkan Bupati Eka Putra, dengan kehadiran pemkab Tanah Datar mewakili masyarakat di Pasaman dan juga Pasaman Barat dapat menjadi sitawa dan sidingin bagi saudara yang tertimpa musibah ini.

Sementara itu Bupati Pasaman Benny Utama menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemkab dan masyarakat Tanah Datar yang telah mengulurkan tangan membantu sesama terutama yang sedang ditimpa musibah bencana alam gempa bumi. “Terkait kebutuhan toilet umum di tenda pengungsi, memang sangat kami butuhkan dan ternyata Tanah Datar punya mobil toilet portable dan akan dipi­njamkan pemkab, kami sa­ngat bersyukur dan sekali lagi terima kasih,”ucap Benny.

Usai menyerahkan ban­tuan Bupati Eka Putra didampingi Bupati Pasaman Benny Utama beserta ketua TP PKK menyambangi tenda-tenda pe­ngung­si sembari memberikan motivasi dan memberikan semangat agar tetap tabah menghadapi cobaan serta bersabar dalam menerima bantuan yang didistribusikan.

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga mem­berikan motivasi trauma healing bagi anak-anak dan juga para orang tua di tenda pengungsian. Usai dari Kabupaten Pasaman Bupati Eka Putra dan Rombo­ngan meneruskan perjalan ke Kabupaten Pasaman Barat mengantar bantuan dan disambut Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra.

Plt. Kadis Sosial Afrizon mengatakan, pemkab Ta­nah Datar distribusikan bantuan ke Kabupaten Pa­saman dan Pasaman Ba­rat yang diantarkan langsung Bupati Eka Putra bersama rombongan. “Bantuan dari para donasi yang sudah terkumpul kita distribusikan langsung, mengingat saat ini saudara kita yang tertimpa musibah sangat membutuhkan dan semo­ga apa yang kita berikan walau sedikit namun betul-betul bermanfaat bagi me­reka,”ucapnya.

Untuk bantuan dikatakan Afrizon berupa uang tunai sebesar Rp.50 juta untuk Kabupaten Pasaman ditambah selimut 70 lembar ditambah susu, makanan anak, pampers dan barang lainnya. Untuk Kabupaten Pasaman Ba­rat uang tunai sebesar Rp.75 juta, selimut 130 lembar ditambah, susu, makanan anak, pampers dan juga barang lainnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top