Menu

Peduli Jaminan Sosial, Bank Nagari Raih Paritrana Award

  Dibaca : 135 kali
Peduli Jaminan Sosial, Bank Nagari Raih Paritrana Award
FOTO BERSAMA— Dirut Bank Nagari M Irsyad didampingi para direksi, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar-Riau Eko Yuyulianda, Kepala BPJS Ketengakerjaan Cabang Padang Tetty Widayantie dan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar Nazrizal foto bersama usai acara Paritrana Award tahun, Kamis (9/9) secara virtual.

PADANG, METRO–PT Bank Nagari  kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, bank ke­banggaan pemerintah dan masyarakat Sumbar ini meraih penghargaan Paritrana Award tahun 2020 terbaik dua kategori perusahaan besar oleh BP Jamsostek, Kamis (9/9).

Paritrana Award meru­pa­kan penghargaan yang diini­siasi oleh Kementerian Koor­dinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Ke­men­ko-PMK) bersama Ke­men­terian Ketenagakerjaan, dan BP Jamsostek dalam perlindungan tenaga kerja.

Acara Paritrana Award 2020 disaksikan langsung oleh Wakil Presiden (Wa­pres)­ Indonesia, KH Ma’aruf Amin, Menko-PMK, Muhadjir Effendy, Men­teri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dan Direktur Utama (Dirut) BP Jam­sos­tek, Anggoro Eko Cahyo serta sejumlah pejabat ne­gara lainnya.

Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Muhamad Irsyad mengatakan, peng­har­gaan yang diterima me­rupakan penghargaan Paritrana Award pertama yang diraih oleh Bank Na­gari. Bahkan, pada peng­har­gaan darri penilaian kinerja tahun 2020 ini, Bank Nagari merupakan bank satu-satunya di Indonesia yang memenangi Paritrana Award kategori Perusa­haan Besar.

Ia menambahkan, pi­hak­nya mengucapkan te­rima kasih atas terpilihnya Bank Nagari sebagai ter­baik dua kategori perusa­haan besar tingkat nasio­nal. Ia mengaku bangga di­beri kesempatan untuk ikut seleksi Paritrana Award dan keluar sebagai peru­sahaan terbaik dua.

“Kami berkomitmen memberikan perlindungan menyeluruh kepada pega­wai serta mitra Bank Na­gari untuk mensukseskan program BP Jamsostek dengan berpartisipasi da­lam menyalurkan CSR da­lam program GN Ling­ka­ran,” kata M Irsyad.

Dengan penghargaan yang Bank Nagari dapat­kan, kata M Irsyad, di­harap­kan bisa menjadi se­mangat dan motivasi bagi seluruh pegawai dan ka­rya­wan agar prestasi ini bisa ditingkatkan pada Pari­tra­na Award selanjutnya.

Irsyad menyebutkan, pihaknya bertekad untuk mempertahankan kinerja terbaik dan inovasi terbaru untuk ikut mensukseskan program BP Jamsostek dalam memberikan perlin­dungan kepada pekerja, mitra kerja, dan masya­rakat pada umumnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin  menyebut, penghar­gaan ini diberikan kepada perusahaan dan peme­rintah daerah yang tertib administrasi dan imple­mentasi jaminan sosial. “Saya menyampaikan apre­siasi dan terima kasih ke­pada semua peserta pe­merintah daerah, peru­sahaan dan UKM yang ter­li­bat di acara Penghar­gaan Jaminan Sosial Ketena­ga­kerjaan atau disebut Parit­rana Award Tahun 2020,” ujar Ma’ruf secara virtual.

Ma’ruf mengungkapan Paritrana Award ini sudah memasuki tahun ke-4 sejak pertama kali berlangsung di tahun 2017. Hal ini dila­kukan sebagai upaya pe­me­rintah bersama BPJS Ke­tenagakerjaan untuk me­ningkatkan jumlah pe­serta jaminan sosial kete­na­gakerjaan.

Dia pun berharap di era pandemi Covid-19 ini semakin banyak peme­rintah daerah dan pelaku usaha sadar akan penting­nya jaminan sosial kete­na­gakerjaan. Pasalnya, per­lindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini sangat penting dalam meningkat­kan rasa aman saat be­kerja.

Sementara itu, Deputi Direktur Wilayah BP Jam­sostek Sumbar Riau, Eko Yuyulianda mengatakan, pi­haknya memberikan apre­siasi sebesar-besar­nya kepada pemerintah daerah, perusahaan, dan UMKM yang telah beru­saha mewujudkan kesejah­te­raan kepada masyarakat di Indonesia.

Ia mengungkapkan, Pa­rit­rana Award meru­pakan pro­gram penghargaan yang diberikan pemerintah yang diinisiasi oleh Ke­men­ko-PMK bersama Keme­na­ker, dan BP Jamsostek ser­ta didukung oleh Kemen­terian Dalam Negeri (Ke­mendagri).

Penghargaan ini meru­pakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada Pemprov, Pemkab dan Pem­ko, badan usaha skala be­sar, menengah, serta UMKM yang telah berko­mit­men penuh dalam pe­lak­sanaan program jami­nan sosial ketenaga­ker­jaan.

“Paritrana Award tahun 2020 ini merupakan ajang yang digelar untuk ke­empat kalinya. Berbeda dari sebelumnya, pelak­sa­naan Paritrana Award ta­hun 2020 dilaksanakan se­cara virtual,” jelasnya.

Pada Paritrana Award tahun 2020 ini diikuti oleh sebanyak 34 Provinsi di Indonesia. Mekanisme Pari­trana Award dimulai dari seleksi oleh panitia di da­erah yang kemudian Pem­da, perusahaan besar, dan UMKM yang lolos diseleksi oleh panitia pusat.

Selanjutnya, di tahap akhir dilakukan seleksi wa­wan­cara dimana pada ta­hap tersebut ada 7 Pro­vinsi, 8 Kabupaten/kota, 9 perusahaan skala besar, dan 9 perusahaan skala menengah.

“Pada tahap wawan­cara para kandidat ber­saing untuk memaparkan gagasan me­reka seperti kebijakan dan inovasi yang telah dilakukan terkait de­ngan program ja­mi­nan so­sial kete­na­ga­ker­jaan,” ka­tanya.

Pada pengumuman ha­sil, Bank Nagari berhasil meraih terbaik kedua kate­gori perusahaan besar di Pa­rit­rana Award tahun 2020. Pihaknya meng­ucap­kan selamat kepada Bank Nagari dengan prestasi yang sudah diraih. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional