Menu

Pedestrian Area Ditambah, Wajah Pusat Kota Payakumbuh Terus Dipercantik

  Dibaca : 101 kali
Pedestrian Area Ditambah, Wajah Pusat Kota Payakumbuh Terus Dipercantik
KAWASAN PEDESTRIAN— Pekerja terus berjibaku mempercantik wajah Kota Payakumbuh dengan menambah area pedestrian.

POLIKO, METRO–Wali Kota Riza Falepi te­rus mempercantik wajah Ko­ta Payakumbuh, setelah suk­ses membangun pedestrian area mulai dari simpang Tugu Adi­pura hingga depan Bank Nagari pada tahun 2020 lalu, kali ini dilanjutkan pem­ba­ngunan pedestrian area se­panjang 190 meter mulai dari depan Ra­mayana hingga Simpang Ben­teng. Tampak pekerja dari CV. Eksa Auli Prima sedang asik bekerja mengaduk semen di mesin molen, Rabu (4/8).

Kadis PUPR Kota Paya­kumbuh Muslim melalui Ka­bid Bina Marga Erwin saat ditemui media di kantornya mengatakan Pemko me­ngang­garkan 2,1 Miliar untuk membangun pedestrian area tersebut. Untuk pelak­sanaan­nya dilaksanakan selama 6 bulan pekerjaan.

Tampak, lantai kerja se­dang dibeton oleh pekerja untuk dudukan U-ditch yang merupakan saluran dari be­ton bertulang dengan bentuk penampang huruf U dan juga bisa diberi tutup, karena apa­bila mengandalkan tanah sebagai penopang maka pe­madatan tidak sempurna. Dikhawatirkan pedestrian area nanti malah turun. “De­ngan mamakai U-Ditch, ting­kat kebocoran kurang, dan aliran air di drainase pusat kota tidak terganggu,” ungka­p­nya.

Erwin juga menginfor­masikan banyak ditemukan sampah plastik pada saluran drainase, beruntung ukuran salurannya besar, kalau tidak pasti tersumbat dan memicu banjir atau genangan air.

“Kami menghimbau ma­sya­rakat jangan membuang sampah ke saluran drainase, sungai maupun irigasi karena dampaknya apabila sampah menyumbat saluran, maka air akan tergenang saat hu­jan lebat turun, yang akan rugi tentu masyarakat itu sendiri,” kata Erwin.

Untuk tahun 2022 Peme­rintah Kota Payakumbuh me­nargetkan membangun pedestrian area di seberang jalan pembangunan pedestrian area Jalan Sudirman saat ini, panjangnya kurang lebih sama, sehingga wajah kota akan semakin cantik.

“Kita mohon dukungan masyarakat yang terdampak rencana pembangunan ini nanti bersedia tanahnya di­ganti wajar oleh pemerintah kota sesuai kajian dari KJPP. Sehingga wajah Kota Paya­kumbuh yang cantik nanti tentu bisa dinikmati oleh setiap yang berkunjung mau­pun warga Payakumbuh sen­diri,” pungkasnya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional