Menu

Pedagang Sambut Baik Pembangunan Kembali Fase VII

  Dibaca : 308 kali
Pedagang Sambut Baik Pembangunan Kembali Fase VII
Andree Algamar, Kepala Dinas Perdagangan

PASARRAYA, METRO
Tokoh pedagang pasar yang juga Ketua Komunitas Pedagang Pasar, H. Asril Manan menyambut baik rencana Kementerian Perdagangan yang akan membangun kembali Fase VII Pasar Raya Padang dengan dana dari pemerintah pusat.

Menurut Asril Manan, langkah itu sebagai upaya pemerintah meringankan pedagang karena tak jadi dibangun dengan dana investor.

“Kalau investor yang membangun tentu memberatkan pedagang. Makanya kita sambut baik dan mengapresiasi sekali rencana itu. Walaupun sekarang belum jelas kapan rencana itu bakal direalisasikan,” sebutnya.

Namun, sebelum itu dibangun, yang terpenting adalah perencanaan dan kajian yang matang tentang bangunan. Artinya, kata H Asril Manan, pembangunan itu hendaknya melibatkan tim ahli planologi. Tujuannya, adalah agar bangunan baru yang dibangun nantinya termanfaatkan dengan baik. Tidak seperti blok 1 yang tidak termanfaatkan oleh pedagang.

Selain itu, kata dia, sebelum Fase VII itu dibangun, terlebih dahulu dia meminta agar perwako yang membolehkan pedagang berjualan di jalan agar dicabut. Karena Perwako itu telah menghilangkan tenggang rasa dan toleransi serta empati di kalangan pedagang.

“Antara sesama pedagang itu tak ada lagi rasa empati dan saling menenggang satu sama laib. Mereka enak saja berjualan di depan kedai pedagang lain tanpa memikirkan kerugian bagi pedagang lain itu,” tukasnya.

Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar membenarkan, bahwa ada rencana dari Kementerian Perdagangan yang akan membangun Fase VII. Namun sampai sekarang belum jelas kapan dilaksanakan. Karena dianggaran kementrian tahun 2021 ini, pembangunan itu tak ada.

“Kita cek, sampai sekarang belum ada di anggaranya di DPA Kementrian Perdagangan. Tapi, mudah-mudahan saja nanti dianggaran tambahan bisa dialokasikan. Kita menyambut baik hal itu. Semakin cepat, semakin baik,” sebut Andre.

Rencananya, Selasa (16/3) besok, kata dia, ada kegiatan Workshop SNI Pasar Rakyat 2021 yang diselenggarakan Dinas Perdagangan Provinsi Sumbar. Pada kesempatan itu juga hadir utusan dari Kementerian Perdagangan. “Mudah-mudahan dalam agenda itu nanti akan dibahas masalah pembangunan Fase VII ini,” pungkas Andree.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade berjanji akan memperjuangkan rencana pembangunan kembali Pasar Raya Fase VII didanai oleh pemerintah pusat.

Dalam pertemuan Andre dengan Menteri Perdagangan M Luthfi, Kamis (11/3) sore, Andre yang memiliki mayoritas pemilih di Kota Padang itu, mengingatkan Menteri Perdagangan untuk turut membantu pembangunan Fase VII Pasar Raya Kota Padang yang membutuhkan dana Rp170 miliar. ”Alhamdulillah, dua program ini begitu direspon dengan baik oleh pak Menteri. Bahkan sudah menjadwalkan mau ke Sumbar,” kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Andre Rosiade mengungkapkan, pertemuannya dengan Menteri Perdagangan berjalan lancar dan sangat dekat. Meski sang Menteri sedang disibukkan dengan rencana impor beras yang banyak mendapat penolakan. Menurutnya, Menteri Luthfi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan segera berkunjung ke Sumbar guna meninjau Fase VII Pasar Raya Kota Padang serta Pasar Bawah Kota Bukittinggi.

“Alhamdulillah dalam pertemuan Kamis sore, Menteri Perdagangan M Luthfi menyampaikan akan segera berkunjung ke Sumatra Barat sebelum Ramadhan atau tepatnya bulan April nanti, untuk mensurvei Pasar Raya Padang Fase VII dan Pasar Bawah Bukittinggi,” tutur Andre.

Andre mengatakan, pembangunan di Sumbar memang harus ditunjang oleh perhatian dan dana dari pemerintah pusat. Karena, Sumbar tidak memiliki anggaran yang memadai untuk pembangunan. ”Karena pembangunan pasar ini akan dibantu oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR, untuk itu Pak Menteri Perdagangan akan mengajak Menteri PUPR ke Sumatera Barat,” pungkasnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional