Close

Pedagang Kaki Lima Lapangan Cindua Mato Direlokasi ke Pasar Papan

TANAHDATAR, METRO–Sejumlah pedagang ka­ki lima yang berjualan di sepanjang jalan lapangan Cindua Mato, Kota Batu­sangkar akan digusur atau direlokasi ke pasar papan.  Pasalnya dalam waktu de­kat lapangan tersebut akan segera dibuka dan di­fung­sikan sebagai RTH bermain bagi anak anak dan ma­syarakat Batusangkar.

Informasi ini disam­paikan oleh Asisten I Pem­kab Tanahdatar Abd Hakim beberapa waktu lalu saat melakukan kunjungan ke lapangan cindua mato ber­sama instansi terkait.

Disebutkan Abd Hakim, sebelum lapangan cindua mato dibangun, terdapat sebanyak 24 pedagang kaki lima yang berjualan di da­lam lapangan cindua ma­to.”ada sebanyak 24 pe­dagang kaki lima yang berjualan di dalam la­pa­ngan ini, mereka tidak bo­leh lagi berjualan dalam lapangan cindua mato, me­reka akan kita tempatkan di samping lapangan Gu­marang Batusangkar,” ka­ta­nya.

Bagi pedagang kaki li­ma yang saat ini berjualan di sepanjang jalan lapangan cindua mato akan kita re­lokasi ke pasar papan, jelas Hakim.

Sebelum dioperasikan atau digunakan tambah Hakim, lapangan cindua mato harus steril dari pe­dagang. Jalan yang biasa mereka gunakan akan di­fungsikan sebagai tempat parkir pengunjung.”jalan disepanjang lapangan cin­dua mato hanya bisa di­gunakan sebagai tempat parkir kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tak hanya itu ucap Ha­kim, menara menara  tem­pat pajangan baliho juga akan dibongkar, baik itu milik perorangan maupun milik pemerintah daerah. “Pokoknya semua akan ditata rapi, seindah mung­kin, yang mendatangkan kenyamanan, kesejukan dan keindahan bagi kita Batusangkar,” kata Abdul Hakim.

Seperti diketahui, RTH lapangan cindua mato di­bangun dari dana yang bersumber dari APBN. “Un­tuk sementara waktu, agar lapangan cindua mato dapat difungsikan, kita upayakan dengan cara pin­jam pakai ke pemerintah pusat, sebelum diserah­terimakan,” kata Hakim.

Lapangan cindua mato sudah selesai penger­jaan­nya beberapa waktu lalu dan sudah PHO.”Akhir Ja­nuari ini Lapangan Cindua Mato su­dah bisa diman­faatkan ma­syarakat Ta­nahdatar,” kata Abdul Ha­kim.

Dikesempatan itu, Sek­da Tanahdatar Iqbal Ra­madi Payana meminta di­nas instansi terkait untuk membuat konsep pen­du­kung agar lapangan cindua mato terlihat lebih indah. Bila memerlukan anggaran segera diajukan ke TAPD demi untuk kebaikan kita bersama, tambahnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top