Close

Pecahkan Rekor MURI, Siswa SD Sikat Gigi Massal di Lima­puluh Kota

SIKAT GIGI—Pecahkan Rekor MURI, siswa SD sikat gigi secara massal dilangsungkan foto bersama.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Di depan Bupati Lima­puluh Kota Safaruddin Datuk Bandaro Rajo sebanyak 832 murid Se­kolah Dasar se-Nagari Taeh Ba­ruah, Kecamatan Payakumbuh, Senin (12/9) terlihat semangat mempraktikkan sikat gigi secara baik dan benar.  Aksi murid-murid SD ini bertujuan untuk mengukir rekor sikat gigi massal pada Museum Rekor Indonesia (MURI) bersama 500.000  peserta lainnya se-Indonesia.

Momen yang digagas Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) merupakan bagian dari puncak peringatan  Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tahun 2022. Untuk Limapuluh Kota digelar di Lapa­ngan Kubu Gadang Bola, Taeh Baruah.

Pada sambutannya di Peringatan HKGN 2022, Bupati Safaruddin me­ngapresiasi peran PDGI dalam meningkatkan de­rajat kesehatan masya­rakat khususnya kesehatan gigi dan rongga mulut. Respon PDGI  kata Bupati Safaruddin juga terlihat cepat terlebih aksi Bhakti Sosial pada HKGN 2022.  “Saat Muscab PDGI bebe­rapa waktu lalu, kami memberikan tantangan kepada PDGI untuk menggerakkan berbagai pihak melaksanakan aksi nyata peningkatan Kesehatan gigi di masyarakat dan Alhamdulillah dapat terlaksana,” jelas Bupati Safaruddin.

Seterusnya Bupati Safaruddin menyebutkan, kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu faktor yang da­pat mempengaruhi kualitas hidup secara langsung dis­amping pe­ngaruh terha­dap rongga mulut dan fungsi pengu­nyahan. Oleh sebab itu, Bupati Safaruddin mengajak pelajar maupun ma­syarakat untuk memelihara kesehatan gigi sejak dini. “Masalah gigi dan mulut tentunya dapat me­nginfeksi bagian tubuh lainnya yang berimbas pada penurunan produktivitas dalam proses me­nuntut ilmu,” ujar Bupati Safaruddin.

Di samping itu, Bupati Safaruddin juga berharap semangat pengabdian yang tinggi PDGI untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam membiasakan sikat gigi yang baik dan benar sehingga da­pat membentuk karakter yang kuat bagi anak se­kolah di masa depan.

Bhakti Sosial pada peringatan HKGN di Limapuluh Kota, selain aksi sikat gigi massal, juga dilaksa­nakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta dirangkai dengan Program Dinas Kesehatan yaitu Bulan Imunisasi A­nak Nasional.

Tampak hadir bersama Bupati Safaruddin Sekretaris Daerah Widya Putra, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Kesehatan Adel Noviarman, Kepala Dinas Pendi­dikan dan Kebudayaan Indrawati, Ketua PDGI Luak Limopuluah drg.Yone Akses Djohar, unsur Forkopimca dan Nagari.

Sementara itu, Ketua PDGI Luak Limopuluah dr.Yone Akdes dalam la­porannya menginformasikan, pencanangan HKGN secara nasional dicetuskan pertama kali pada acara bulan kesehatan nasional pada 12 September 2011 di lapangan Gasibu Bandung oleh dr Endang Rahayu Sedyaningsih.

Seterusnya drg Yone menjelaskan, dengan me­ngangkat tema “Pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia”, kegiatan sikat gigi massal ini bisa jadi momentum pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dalam skala nasio­nal. Ia berharap, sukses­nya gelaran ini turut me­ningkatkan kesadaran ma­syarakat mengenai kesehatan gigi masih rendah.  “Berdasarkan riset Kemenkes, 57,6% masya­rakat kurang sadar dan mengalami permasalahan kesehatan gigi dan baru 10,2% yang mendapatkan penanganan”, ungkap drg.­Yone. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top