Menu

PDWK Balai Diklat Keagamaan Kota Padang, Bekali Pimpinan Ponpes  dengan Ilmu

  Dibaca : 69 kali
PDWK Balai Diklat Keagamaan Kota Padang, Bekali Pimpinan Ponpes  dengan Ilmu
BUKA—Kakankemenag Tanahdatar H Syahrul membuka PDWK bagi pimpinan pondok se Tanahdatar.

TANAHDATAR, METRO–Pimpinan Pondok Pe­san­tren se Tanahdatar men­dapat Pendidikan Da­lam Wilayah Kerja (PDWK) oleh Balai Diklat Keagamaan Padang, di Aula Kemenag Tanahdatar, Senin (6/9) PD­WK itu berlangsung dari tanggal 6 sampai tanggal 11 September, dibuka secara resmi oleh Ka Kankemenag Tanah Datar H. Syahrul didampingi Kasubbag  TU Balai Diklat Keagamaan Padang  Krispison.

Dalam acara pem­bu­kaan PDWK tersebut juga hadir Kasubbag TU H. Yus­marli, Kasi PD. Pontren H. Masnefi, Kasi Pais H. Mu­hammad Algafari, Kasi Pen­mad H. Helmi Zuldi, dan Kasi PHU H. Erizal.

Ka Kankemenag Kabu­paten Tanah Datar H. Syah­rul dalam arahannya me­ngatakan PDWK yang dige­lar itu merupakan yang pertama kali, pesertanya dari pimpinan Pondok Pe­san­tren Kabupaten Tanah Datar.

“Saya berharap agar Pimpinan Pondok Pesantren selaku peserta Diklat PDWK untuk dapat memfokuskan diri masing masing me­ngikuti materi yang disa­jikan setiap nara sumber,” sebut Syahrul.

Dia menjelaskan seo­rang pimpinan Pondok Pe­santren itu kadang kala mereka berada didepan untuk menarik, kadang di tengah untuk meng­gen­dong, membimbing dan kadangkala berada dibela­kang untuk mendorong para guru dan pegawainya da­lam menciptakan kesuk­sesan Pondok Pesantren.

“Untuk itu  peserta dapat mengikuti PDWK dengan sebaik baiknya dan dapat dikembangkan pada Pondok Pesantren masing masing nantinya,” ingat Syahrul.

Menurut laporan Ka­subbag TU Balai Diklat Tek­nis Keagamaan Padang Kri­pi­son selaku Ketua Panitia Pelaksana PDWK menyam­paikan, PDWK yang ber­langsung selama 6 (enam) hari itu diikuti sebanya 30 orang peserta dari Pim­pinan Pondok Pesantren di Kabupaten Tanah Datar dengan tetap mematuhi Protokol Covid 19. “Dasar dari pelaksanaan PDWK, PMA No. 59 Tahun 2015 ten­tang Organisasi dan Tata Kerja  Balai Pendidikan dan Pelatihan  Keagamaan,” tegasnya.

Keputusan Badan Lit­bang dan Diklat Kemenag RI No. 685 tahun 2018 ten­tang Pedoman Penyeleng­gara Diklat Teknis  dan dibe­bankan kepada Dipa Balai Diklat Keagamaan Padang Tahun 2021. Tujuan dari PDWK itu ialah mening­katkan kompetensi teknis pimpinan Pondok Pesantren dalam menerapkan mana­jemen untuk mengelola Pon­dok Pesantren Penge­tahuan, Keahlian, Keteram­pilan, Sikap dan Perilaku agar sesuai dengan standar Kompetensi Teknis yang dibutuhkan oleh satuan organisasi dan jabatan. “Materi yang disampaikan selama berlangsungnya Diklat PDWK tersebut ber­jumlah sebanyak 60 Jam pelajaran,” jelasnya.

Sementara Nara Sum­ber yang menyampaikan materi ialah Drs. H. Syahrul, Khrisfison, Dr. H. Saidan , M.Ag, Prof. Dr.H. Achmad Gunaryo, M.Ag,  Drs. H. Khoirul Amani, MA, Dra. Purnamawati, MM dan Fau­ziyah Fauzan El Muham­mady, SE, Akt, M.Si. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional