Menu

PDAM Solsel Tirta Saribu Sungai Benahi Sistem Pelayanan, Pembayaran Rekening Air Online Capai 90 Persen

  Dibaca : 117 kali
PDAM Solsel Tirta Saribu Sungai Benahi Sistem Pelayanan, Pembayaran Rekening Air Online Capai 90 Persen
SERAHKAN—Direktur PDAM Ridwan menyerahkan nota kerjasama pembayaran tagihan rekening berbasis online kepada Kemitraan Silpia Aprillia di kantor PDAM Tirta Saribu Sungai. 

SOLSEL, METRO
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Saribu Sungai Kabupaten Solok Selatan (Solsel), dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya, perusahaan itu mulai menerapkan sistem berbasis online di seluruh lini operasional pelayananya. Salah satunya sistem pembayaran rekening air melalui program kemitraan.  “Kami sudah mulai mengembangkan sistem berbasis online ini sejak Januari 2020, dan saat ini sudah mendekati 100 persen. Pada kesempatan ini kami memperkenalkan sistem pembayaran air oleh langganan dengan sistem kemitraan kepada masyarakat,” ujar Direktur PDAM Solsel, Ridwan, saat launching kerjasama dengan kemitraan, Kamis (1/10).

Dijelaskan, dengan sistem kemitraan online yang diluncurkan saat ini PDAM Tirta Saribu Sungai mengajak masyarakat untuk bergabung agar bisa menerima pembayaran dari pelanggan dengan cara online, yaitu tidak lagi harus ke kasir yang ada di kantor unit PDAM atau kantor pusat.

“Semakin banyaknya mitra yang bergabung maka akan semakin memudahkan pelanggan untuk membayar tagihannya dengan tidak lagi harus ke kantor PDAM, dan mitra juga akan mendapatkan keuntungan dari fee pembayaran,” ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, PDAM Solsel sudah mengembangkan aplikasi berbasis online tersebut mulai dari sistem kepegawaian, keuangan, gudang dan pencatatan meter. “Kedepannya kami juga akan bekerjasama dengan perbankan agar pelanggan bisa membayar melalui aplikasi mobile banking ataupun internet banking,”jelas Ridwan.

Saat ini  PDAM Solsel memiliki lebih dari 13 ribu pelanggan yang tesebar mulai dari Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) hingga Sangir Batang Hari (SBH). Dimana PDAM Solsel terbagi menjadi 3 unit. Unit 1 di Pasir Talang membawahi Koto Parik Gadang Diateh dan sebagian Sungai Pagu, Unit 2 membawahi Sungai Pagu dan Pauh Duo. Unit 3 membawahi Sangir dan SBH.

Melalui sistem online dengan kemitraan ini, targetnya adalah mencapai pembayaran 90 persen dari seluruh jumlah tagihan pelanggan yang ada. PDAM Solsel sudah menerapkan pencatatan meter secara online. “Dengan semakin banyaknya mitra pembayaran maka akan semakin cepat pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan. Maka akan menurunkan rasio pelanggan yang tidak tertagih,” sebut Ridwan.

Kedepan diharap PDAM bisa melakukan percepatan perbaikan pada jaringan dan sumber dengan telah memadainya keuangan perusahaan. PDAM telah bekerjasama untuk pembayaran online melalui kemitraan sebanyak 23 mitra. Dengan memulai segala berbasis online, bagaimana PDAM Solsel mampu setara dengan pdam lainnya yang ada di Sumatera Barat.

Pencatatan rekening dan penagihan, para petugas sudah memiliki akun. Namun baru bisa dilaksanakan atau launching hari ini, dimana ketertundaannya akibat pandemi Covid-19. “Melalui pembayaran online dengan kerjasama kemitraan diharapkan pelanggan yang tertunggak akan semakin sedikit. Kedepannya bagaimana PDAM melakukan percepatan pada kerusakan jaringan dan sumber, tentunya hal ini bersumber dari keuangan perusahaan yang memadai,” katanya.

Hadir pada kegiatan itu, Kabag ADM dan Keuangan Betri Antoni, Kabag Teknik Yudi Andika, Kasi Hubungan langganan, Donaldi R, Kasi keuangan Afdal Samosir, Plt Kasi Personalia Crisvo Lindo, Mitra Kerja Kemitraan, dari Lativa Mart Yovi Lativa Isrul, dan dari direktur teman sejati Silpia Aprillia. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional