Menu

PDAM Rencanakan Kenaikan Tarif

  Dibaca : 71 kali
PDAM Rencanakan Kenaikan Tarif
Hendra Pebrizal (Dirut PDAM)

AGUS SALIM, METRO – Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Padang merencanakan penyesuaian tarif pada awal Januari 2020 nanti. Penyesuaian ini dilakukan untuk mensiasati biaya operasional semakin tinggi.

Dirut PDAM Kota Padang Hendra Pebrizal didampingi Direktur Teknik Andri Satria, mengatakan penyesuaian itu terpaksa dilakukan untuk mengimbangi biaya operasional saat ini. Sejak enam tahun lalu, tarif PDAM tak pernah dinaikkan.

Sementara tarif listrik terus menaik, inflasi bahkan mencapai 5 persen per tahun. Selain itu biaya pembelian bahan-bahan kimia pembersih air juga makin mahal. “Rencananya baru akan kita sesuaikan tarifnya tahun 2020. Kami berharap pemerintah kota setuju,” tandas Hendra lagi.

Saat ini tarif air PDAM Padang masih sangat rendah. Jika dibandingkan dengan air galon yang kini dijual di masyarakat dengan harga Rp5.000 per galon. Saat ini air PDAM hanya dijual kepada pelanggan seharga Rp30 rupiah per galon.

Sementara, sesuai dengan Permendagri No 71 tahun 2016, tarif dasar air seharusnya tarif rendah untuk pelanggan sosial senilai Rp3.200, tarif dasar untuk pelanggan biasa Rp4.100, dan tarif penuh untuk niaga Rp5.900. Sementara saat ini, tarif rendah di PDAM Padang adalah Rp1.100, tarif dasar Rp2.800 dan tarif penuh disesuaikan secara bertahap.

Kalaupun nanti dinaikkan rata-rata Rp300 per kubik, maka ketentuan itu tetap masih rendah dari ketentuan Permendagri.

“Artinya penyesuaian yang dilakukan PDAM masih sesuai dengan ketentuan berlaku,” kata Hendra lagi.

Penyesuaian ini hanya berlaku untuk pelanggan biasa. Sementara untuk pelanggan dari kalangan sosial seperti masjid, panti asuhan dan lainnya masih tetap sama.

“Penyesuaian harus harus dilakukan untuk mengimbangi biaya operasional. Jika tidak, maka kita akan kesulitan untuk menutupinya. Mudah-mudahan disetujui pemerintah kota,” sebut Hendra lagi. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional