Close

PBSI Yakin Tunggal Putra Indonesia Bersinar di Kejuaraan Dunia 2022

Anthony Sinisuka Ginting saat berlaga di Singapore Open 2022.

JAKARTA, METRO–Tim bulu tangkis Indonesia diperkirakan bakal menurunkan empat wakil tunggal putra di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis di Tokyo Metropolitan Stadium, Je­pang.

Kejuaraan ini berlangsung pada 22–28 Agustus nanti.

Empat pemain tersebut adalah Anthony Sinisuka Ginting yang berada di ranking keenam, Jonatan Christie (8), dan Shesar Hiren Rhustavito (26).

Ketiga pemain lolos fase satu. Sedangkan satu atlet lainnya adalah pemain ranking ke-35 dunia Tommy Sugiarto dengan status undangan fase ke­dua.

Kabidbinpres PP PBSI Rionny Mainaky berharap mereka bisa menunjukkan penampilan terbaiknya. Ginting, misalnya. Dia berharap pemain binaan SGS Bandung itu bisa bermain stabil setelah berhasil me­raih gelar juara di Singapore Open. Gelar tersebut bermakna betul bagi Ginting yang sudah tidak juara lebih dari dua tahun.

Namun, di Singapore Open pebulu tangkis nomor satu dunia Viktor Axelsen absen. Bintang asal Denmark itu tampil begitu dominan di kejuaraan terakhir yang diikutinya. Karena itu, penampilan stabil diharapkan bisa ditunjukkan Ginting dengan lawan yang secara ranking berada di atasnya.

Untuk Jojo, sapaan ak­rab Jonatan, pihaknya ba­kal terus mendukung agar kembali ke permainan terbaik. ’’Jangan terlalu terpaku dengan kekalahan. Dia sempat juara sebelum­nya,’’ ujar Rionny.

Periode terbaik Jojo ta­hun ini terjadi saat memasuki Maret-April. Saat itu dia meraih juara Swiss Open setelah mengalahkan atlet India Prannoy H.S. (21-12, 21-18).

Selain itu, atlet binaan PB Tangkas tersebut me­raih runner-up di Korea O­pen setelah kalah di final oleh andalan Tiongkok Weng Hongyang (21-12, 19-21, 15-21) dan runner-up di Badminton Asia Championships setelah ditaklukkan jagoan Malaysia Lee Zii Jia (17-21, 21-23). Setelah itu, penampilan Jojo naik turun.

Untuk Vito, sapaan ak­rab Shesar Hiren Rhustavito, Rionny mengaku masih terus mengecek pemulihan yang dijalani.

Sebelumnya, Vito har­us mundur di babak perempat final Malaysia O­pen kala berhadapan de­ngan atlet Jepang Kento Momota (6-13). Ketika itu, Vito mengalami cedera betis. ’’Kami harapkan tiga pemain tunggal ini bisa kalahkan lawan yang lain ya,’’ ucapnya.

Di sisi lain, Tommy Sugiarto mengonfirmasi untuk tampil di Kejuaraan Dunia. Waktu sekitar satu bulan ini bakal dimanfaatkan betul olehnya. Sebab, sepanjang 2022, Tommy lebih banyak terhenti di babak-babak awal.

Menurut dia, selalu ga­gal di babak awal terjadi lantaran latihan yang ku­rang intensif di turnamen sebelumnya.

’’Masih ada waktu satu bulan ini saya akan mempersiapkan untuk latihan yang intensif. Meski se­karang saya di luar pelatnas mempersiapkan Ke­juaraan Dunia ini,’’ ucap­nya ketika dihubungi Jawa Pos kemarin.

Beberapa pematangan bakal dilakukan putra le­genda bulu tangkis Icuk Sugiarto itu dari berbagai sisi.

Mulai persiapan fisik hingga teknik. Ya, dengan ranking yang terbilang ren­dah untuk level Kejuaraan Dunia, Tommy pastinya bakal melawan pemain-pemain yang secara ranking lebih tinggi. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top