Menu

PB LEMKARI Lakukan Konsolidasi Organisasi, Semua Pengprov Disurati

  Dibaca : 127 kali
PB LEMKARI Lakukan Konsolidasi Organisasi, Semua Pengprov Disurati
Leonardy

PADANG, METRO
Pengurus Besar LEMKARI (PB LEMKARI) Periode 2020-2024 akan melaksanakan konsolidasi organisasi. Dalam konsolidasi ini, PB Lemkari akan mendefinitifkan pengurus provinsi dan cabang melalui musyawarah provinsi (musprov) dan musyawarah cabang (muscab).

Tekad itu dipertegas dalam rapat pengurus harian ke-2 PB LEMKARI yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis 26 November 2020. “Mari kita samakan persepsi, kita lakukan konsolidasi organisasi. Kita akan surati seluruh Pengprov terkait hal ini, mereka diharapkan melaksanakan musprov, seperti Sulawesi Utara yang telah melaksanakannya pada Minggu 22 November 2020,” tegas Leonardy menyikapi masukan dari peserta rapat pengurus harian yang terdiri dari Ikhlas Bahar (Wakil Ketua Umum II), Derianton (Wakil Ketua Umum III), Gimono Ias (Sekretaris Umum), Andi Retman (Sekretaris I), Askar (Sekretaris III), Wilson Abdullah (Bendahara I) dan Sandra Dwi Yanti (Bendahara II).

Menurut Leonardy, konsolidasi ini sangat penting. Terlebih mengingat betapa dinamisnya perkembangan pasca Kongres PB Lemkari XV 20 Agustus 2020 dan pengukuhan PB Lemkari 29 Oktober 2020. Leonardy mencontohkan hal yang mungkin bagi sebagian orang masalah sepele, padahal sebenarnya mendasar. Ucapan osu sama namun saat menuliskannya masing-masing orang berbeda-beda.

Ada yang menuliskan osu, ossu, osh, oss. Setelah Leonardy membicarakan hal ini dengan Andi Retman, dan disikapi Andi dengan kegiatan ‘Ngobrol Santai Tapi Berisi’, maka disimpulkan penulisan yang tepat adalah OSU. Dengan adanya diskusi yang bisa dikatakan seminar itu dapat diselesaikan satu permasalahan.
Selanjutnya pada rapat pengurus harian, disepakati pula tentang penyeragaman struktur organisasi dan masa bakti Pengprov LEMKARI sama dengan masa bakti PB LEMKARI. (Pasal 12 ayat 1 dan 3 Anggaran Dasar LEMKARI).

Ada toleransi waktu kepengurusan Pengprov menjalankan organisasi dua bulan pasca kongres untuk mempersiapkan dan melaksanakan Musprov sekaligus membentuk Pengprov LEMKARI. “Kita surati dan minta Desember ini pengprov menyelesaikan Musprov. Jika belum bisa dilaksanakan pada Desember, maka masih diberikan waktu pada Januari 2021 atau selambat-lambatnya Februari 2021 dengan masa bakti tetap 2020-2024,” ujar Leonardy.

Kesepakatan ini diambil pengurus harian dengan pertimbangan pergantian kepengurusan terjadi pada masa pandemi covid-19. Apalagi pemerintah telah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional non alam.

Adapun persoalan panitia seleksi dewan guru yang berkembang dalam rapat pengurus harian, diminta Leonardy untuk membedakan panitia dan penguji pada seleksi Dewan Guru. Panitia itu hanya bertugas untuk menetapkan waktu seleksi, melakukan perekrutan calon dewan guru, mengundang penguji. Panitia seleksi ini dilihat dari sisi organisasi.

Patut dicatat, penguji itu bisa diminta panitia dari Dewan Penasehat, Ketua Umum , Wakil Ketua Umum II, Wakil Ketua Umum III, dan Sekjen. “Artinya, panitia seleksi dan penguji itu jauh berbeda dan ini perlu kita sepakati bersama. Kita berharap yang terpilih jadi dewan guru itu nantinya orang-orang yang diakui di internal PB LEMKARI dan disegani oleh perguruan lainnya. Tentu hal ini tidak putus oleh panitia seleksi semata,” tegas Ketua Badan Kehormatan DPD RI yang akrab disapa Bang Leo.

Lebih jauh Leonardy menjelaskan, sesuai Anggaran Dasar LEMKARI pasal 14, Dewan Guru adalah badan yang bertanggung jawab dalam hal menjaga dan mengawal kehormatan, marwah, citra, kredibilitas, harkat dan martabat perguruan LEMKARI. Dewan guru memberikan arahan pada Tim Nasional LEMKARI yang dibentuk PB LEMKARI. Dewan guru menjaga standar mutu teknik karate sesuai dengan perkembangan.

Peserta rapat pengurus harian yang selesai jelang dini hari itu menyepakati program prioritas LEMKARI hendaknya juga mengambil referensi dari program KONI dan FORKI. Program harus memperhatikan kondisi negara kita saat ini yang tengah dilanda pandemi covid-19. Semua itu ditujukan untuk memperkuat organisasi PB LEMKARI dan membuat #lemkarijaya #lemkarigemilang.

PO pun bila dipandang ada yang perlu ditambahkan, ya kita tambahkan. Asalkan penambahan dilakukan dalam rangka perbaikan LEMKARI ke depannya. Begitu juga soal pengurusan yayasan dan organisasi yang terkesan lama di notaris tak kalah oleh pembahasan tentang persiapan rapat pengurus pleno. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional