Close

Payakumbuh Tuan Rumah Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Kado Terindah Riza Falepi, Bangun Kampus UNP di Payakumbuh

PELETAKAN BATU PERTAMA— Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampus UNP di Payakumbuh yang disaksikan Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Rektor UNP Ganefri dan seluruh Wali Kota/Bupati se-Sumbar.

JELANG berakhirnya masa jabatan Wali Kota Payakumbuh H Riza Falepi, ST MT,  mempersembahkan kado terindah untuk ma­syarakat Kota Payakumbuh dengan meletakkan batu pertama pem­ba­ngunan kampus Universitas Negeri Pa­ dang (UNP) di Kawasan Padang Kadu­duak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Keca­matan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Rabu 7 September 2022.

Acara peletakan batu pertama Kampus UNP di­saksikan kepala-kepala da­e­rah di Sumatra Barat, mengi­ngat Kota Payakum­buh men­jadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koor­dinasi Kepala Daerah se-Sumatra Barat yang ber­langsung selama dua hari, Rabu-Kamis (7-8/9) yang dipusatkan di Kantor Wali Kota Payakumbuh yang dibuka oleh Wakil Gu­ber­nur Sumbar, Audy Joinaldy dii­kuti 17 kabu­paten/kota se-Sum­bar bersama ja­jaran.

Beberapa rangkaian ke­giatan yang dilaksana­kan adalah Focus Grup Discussion Rakortek untuk peren­ca­naan dan peng­ang­garan LPPD, SPM yang masuk dalam dokumen perenca­naan, kemudian Focus Grup Discussion Rakortek SPM urusan Pen­didikan, Keseha­tan, sosial, trantibum, PUPR, dan pe­rumahan rakyat.

Sepeda santai, pe­res­mian nama GOR type B yakni GOR Nan Ompek, serta mencoba keseruan bermain sepak bola di lapa­ngan sepak bola baru Kota Payakumbuh di kawasan Batang Agam yang diba­ngun Wali Kota Paya­kum­buh H Riza Falepi.

Diskominfo Kota Pa­yakumbuh juga melun­curkan aplikasi Mykopay sebagai kado di akhir masa jabatan Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz yang akan berakhir pada 22 September mendatang.

Wali Kota Riza Falepi menyampaikan ucapan teri­ma kasih atas dukungan Pemprov Sumbar yang sela­ma ini selalu mengang­gar­kan dana untuk pem­bangu­nan di Kota Paya­kumbuh. Di samping itu, Riza juga ber­harap setiap daerah bisa saling bersi­nergi memba­ngun Sumbar ke depan.

“Semoga tamu kami yang datang dapat betah berada di Kota Paya­kum­buh,” kata Riza dalam sua­sana kehangatan ber­sama kepala daerah lain­nya di gala dinner.

UNP Bangun Kampus di Payakumbuh

Penandatanganan pra­sas­ti dan peletakan batu pertama menandai dimu­lainya pembangunan ge­dung perkuliahan Universitas Negeri Padang (UNP) di Kawasan Padang Kadu­duak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Paya­kumbuh Utara, benar-be­nar jadi kado terindah yang dipersembahan Riza Falepi untuk warga Kota.

Dalam kegiatan terse­but hadir Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Wali Kota Riza Falepi, Wa­kil Wali Kota Erwin Yunaz, Wali Kota/Bupati se-Su­matra Barat, Ketua DPRD Hamdi Agus, unsur Forko­pimda, Rektor UNP Ganefri dan jajaran, pimpinan OPD se-Sumatra Barat, Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda, pimpinan BUMN/BUMD/Instansi Vertikal se-Kota Payakumbuh, tokoh masyarakat.

Rektor UNP Ganefri menerangkan di akhir ma­sa jabatan Riza Falepi seba­gai kepala daerah, Ia meni­lai Riza memiliki energi yang bagus dalam mem­bangun daerah, selama dua periode sudah beru­bah wajah Kota Paya­kum­buh.

“Tak hanya itu, bukti kepedulian Riza terhadap pendidikan juga sangat kami apresiasi. Waktu kami me­nyampaikan rencana me­ngembangkan kampus di Luak Limopuluah, beliau merespon dengan me­nyiap­­kan lahan yang dihibahkan buat UNP,” kata Ganefri.

Ditambahkan putra Luak Limopuluah itu, lokasi pembangunan gedung per­­kuliahan UNP di Kota Pa­yakumbuh ini dekat de­ngan Sentra IKM Rendang. Nan­tinya akan dibuka fa­kul­tas pariwisata dan per­hotelan dengan program studi ung­gulan kuli­ner minang.

“Diharapkan ini men­jadi ikon bagi Kota Paya­kumbuh yang sudah punya tren sebagai daerah sentra rendang di Sumbar, dibuk­tikan dengan titik terang ekspor produk yang telah ada,” kata Ganefri.

Dia menjelaskan pihak­nya memiliki obsesi bagai­mana universitas ini men­jadi destinasi utama ma­syarakat tak hanya Sum­bar, tapi juga luar Sumbar untuk semakin banyak ma­syarakat yang melanjutkan pendidikan ke jenjang per­guruan tinggi.

“Makanya kami berko­mitmen menghadirkan tem­pat kuliah berkualitas. UNP sudah ada di 7 kabu­paten kota di Sumatera Barat. Insyaallah kampus di Kota Randang ini dalam 8 bulan kedepan selesai diba­ngun dari dana universitas, bukan dari peme­rintah pusat,” tegasnya.

Wali Kota Riza Falepi dalam sambutannya ber­harap terus banyaknya perkembangan tempat ku­liah di Kota Payakumbuh. Pihaknya pun siap men­dukung masyarakatnya yang miskin agar dapat kuliah dengan bantuan beasiswa dari pemerintah kota. “Tepat rasanya di­buat UNP dengan Prodi Kuliner Minang di sini ka­rena masak memasak me­rupakan kesukaan orang Minang,” katanya.

Wali kota dua periode itu menambahkan, pihak­nya memiliki mimpi besar bagaimana kuliner Minang dapat mendunia, saat ini rendang dari Payakumbuh sudah bisa diekspor ke Jerman. “Saya pernah ma­kan kuliner minang sewak­tu pergi Hongkong dan Malaysia, harganya luar biasa mahal. Kalau kita bisa mencetak chef Minang yang mampu berbahasa asing, maka chef kuliner Minang akan mendunia, untuk itu dengan sendiri­nya adanya ekspor bumbu minang, segala spice pro­duk asli Sumbar akan men­dunia seperti masakan Thailand  China, dan ne­gara lain yang bisa kita temukan,” tukuknya.

Riza yang 2 minggu lagi berakhir masa jabatannya itu turut mengajak kepala daerah lainnya hadir di Kota Payakumbuh saat ini dalam iven rapar koor­dinasi kepala daerah se Sumatera Barat untuk da­pat mengajak warganya belajar sebagai chef kuli­ner Minang di Kota Paya­kumbuh. “Duta-duta kuli­ner Minang kita sebarkan ke seluruh dunia dan ini akan menjadi sumber ke­makmuran baru bagi Kota Payakumbuh dan Suma­tera Barat,” tandasnya.

Dari sisi Wakil Guber­nur Sumbar Audy Joinaldy turut menyampaikan sela­mat atas pembangunan UNP di Kota Payakumbuh. Ini men­jadi hadiah akhir masa jaba­tan Riza Falepi dan Erwin Yunaz yang luar biasa. “Se­moga pemba­ngunannya lancar dan suk­ses. Kalau bisa nanti diresmikan ber­sama men­teri,” ujar Audy. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top