Close

Payakumbuh Peringkat 2 Peredaran Narkoba

PUKUL TABUH—Kepala BNNP memukul tabuh tanda dimulainya pencanangan 20 Kelurahan Bersinar di Kota Payakumbuh.

SICINCIN, METRO
Kepala BNN Provinsi Sumatera Barat, Brigjen Pol. Drs. Khasril Arifin, menyebut Kota Payakumbu masuk dalam rengking Kedua di Sumatera Barat, tingkat peredaran gelap narkoba. Terletak diperlintasan Sumbar-Riau, menjadi pintu masuk narkoba jenis Sabu-sabu dan Ekstasi.

“Payakumbuh peringkat dua di Sumbar, dan daerah penyangga disini janis sabu-sabu dan Ekstasi yang banyak, tapi bukan tidak ada Ganja,” demikian disampaikan, Kepala BNN Provinsi Sumbar, Brigjen Pol Khasril Arifin, disela-sela Sosialisasi Bahaya Narkoba Sekaligus Pencanangan 20 Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) tahun 2021, Kamis (1/4) kepada wartawan.

Dia juga menyampaikan, Sumatera Barat masuk dalam jalur merah peredaran Narkoba. Dan peredaran narkoba di Sumatera Barat cenderung mengalami peningkatan. Dia mengibaratkan dengan razia kenderaan bermotor, jika sering dilakukan maka akan banyak ditemukan pelanggaran.

“Sebenarnya jumlah kasus itu secara umum terjadi peningkatan. Kalau tahun 2019 kita berhasil mengungkap 450 kg Ganja dan 5 Kg Sabu serta ratusan butir pil ekstasi. Dan tahun 2020 karena covid-19, secara kuantitas turun, tapi kualitas bisa saja naik,” ucapnya.

Dia memuji keseriusan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam upaya pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkoba. Terutama, dalam membentuk Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar).

“Ini contoh di Sumatera Barat, dibeberapa tempat hanya Satu, disini langsung 20 Kelurahan Bersinar,” pujinya.

Sementara itu, Asisten Sekdako Payakumbuh, Amirul Dt.Karing, kepada wartawan menyampaikan bahwa Kota Payakumbuh mencanangkan 20 kelurahan Bersih Narkoba. Jumlah ini akan terus dikembangkan sehingga seluruh kelurahan nantinya benar-benar bersih dari narkoba.

“Yang disamlaikan Kepala BNNP tadi Payakumbuh nomor Dua di Sumbar. Dan yang penting itu adalah bagaimana kita melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. Sehingga kita canangkan 20 Kelurahan Bersinar, kedepan seluruh kelurahan bersih dari narkoba,” ucapnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Sosialisasi Sosialisasi Bahaya Narkoba Sekaligus Pencanangan 20 Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) tahun 2021, Kepala BNN Kota Payakumbuh, AKBP Sarminal, Forkopimda Payakumbuh, Camat dan Lurah di Payakumbuh, serta undangan lainnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top