Menu

Payakumbuh Juara Umum Pospenas VIII Provinsi 2019, Kemenag Sumbar Siap Hadapi Pospenas VIII Nasional

  Dibaca : 750 kali
Payakumbuh Juara Umum Pospenas VIII Provinsi 2019, Kemenag Sumbar Siap Hadapi Pospenas VIII Nasional
PENYERAHAN TROFI— Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H Irwan menyerahkan trofi juara umum kepada Plt Kemenag Payakumbuh.

PERHELATAN Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren (Pospenas) VIII tingkat Provinsi Sumatera Barat usai sudah. Iven yang dihelat selama tiga hari (26-28/9), di Asrama Haji Tabing Padang berjalan sukses. Semua santri mengerahkan kemampuannya menjadi atlit dan seniman terbaik.

Usai pelaksanaan, Koordinator Dewan Juri, Yosef Chairul menyampaikan Kota Payakumbuh sebagai juara umum. Kontingen yang dipimpin Jufrimal ini langsung dipanggil menaiki panggung, menerima tropy juara umum. Kabag TU, H. Irwan yang menyerahkan langsung tropy juara umum tersebut mengucapkan selamat dan apresiasi kepada kontingen Payakumbuh.

”Ini terobosan bagus yang dilakukan Payakumbuh. Kita minta Kemenag Payakumbuh dan Kemenag lain untuk mempersiapkan santri lebih matang lagi,” ungkap Irwan.

Dalam pospenas di Jawa Barat nanti, Kabag Tu menargetkan, kontingen Sumatera Barat harus bisa meraih peringkat 5 besar.

“Kekuatan kontingen dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah itu luar biasa. Namun kita akan berusaha semaksimal mungkin,” ucapnya, menyemangati.

Kontingen Kota Payakumbuh yang berhasil keluar sebagai Juara Umum mengantongi 5 medali emas, 5 perak dan 1 perunggu.Peringkat dua diraih kontingen Kota Padang dengan 4 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu. Peringkat ketiga disusul Kabupaten Agam dengan 4 medali emas, 1 perak dan 7 perunggu.

Di posisi empat Kabupaten Limapuluh Kota (3 medali emas). Peringkat lima Kota Solok (2 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu). Peringat enam diraih Kabupaten Dharmasraya (1 medali emas, 2 perunggu). Disusul Bukittinggi dan Pasaman yang berada pada peringkat 7 (1 emas dan 1 perunggu).

Setelah panitia mengumumkan sang juara dan menetapkan Payakumbuh sebagai juara umum pada Pospenas VIII, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, memotivasi santri se Sumatera Barat ini. Motivasi ini juga menjadi renungan bagi perjalan santri di masa mendatang.

Sebelum menutup Pospenas, Kakanwil menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kabid Pakis, Armadi bersama seluruh panitia yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan Pospenas VIII selama 3 hari, sejak tanggal 26-28 Septermber 2019. Momen ini menjadi momen luar biasa menghadapi iven serupa ditingkat nasional di Jawa Barat November mendatang. Santri yang meraih prestasi terbaik hari ini akan mengharumkan nama Sumbar di kancah nasional.

”Ini adalah proses bagi kita harus tampil menjadi terbaik. Karena pada ajang KSM dan LKTI telah kita buktikan bahwa Sumbar menjadi yang terbaik. Maka pada Pospenas Sumbar juga harus menjadi yang terbaik dan mengharumkan nama Sumatera Barat,” harap Kabag TU.

Irwan juga mengajak santri bersama ustad ustadzah mengingat sejarah perjuangan Indonesia 74 tahun yang lalu. Dimana KH. Muhammad Hasyim Asy’ari mengumandangkan api semangat jihad untuk membela kemerdekaan, memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Sebelumnya, ratusan santri Pondok Pesanteran se-Sumbar berlaga dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) Tingkat Sumbar. Kegiatan dua tahunan ini dibuka Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Kamis (26/9) lalu. Saat itu, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri menyampaikan Pospenas wadah yang diharapkan dapat menjalin silaturahim antar santri Pondok Pesantren. Sarana mengembangkan potensi di bidang olahraga dan seni sebagaimana pelajar pada lembaga pendidikan lainnya.

“Pospenas tingkat Provinsi Sumatera Barat ini ajang seleksi untuk memilih duta terbaik yang akan mewakili Sumatera ke Pospenas tingkat Nasional di Bandung Provinsi Jawa Barat yangakan dilaksanakan pada tanggal 25-30 November,” harap Kakanwil saat itu. (adv)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional