Close

Payakumbuh Basketball Grand Ivent 2022, GOR Tanjuang Pauh Dipenuhi Pebasket se-Sumatera

LEMPAR BOLA-Wali Kota Payakumbuh Riza falepi melempar bola tanda dimulainya grand event basketball se-Sumatera, Sabtu (30/7).

PAYAKUMBUH, METRO–Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi Ke­tua KONI, Yengki Otrio, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Nofriwandi, Kapolres, Ke­tua Perbasi Payakumbuh, Ledo Putra serta tokoh masyarakat yang peduli olahraga Basket, Isnaldi Muhammad Dini dan sejumlah kepala OPD mem­buka Payakumbuh Basketball Grand Ivent 2022 (Payakumbuh Invitasi.red) di GOR Tanjung Pauah pada Sabtu (30/7).

Payakumbuh Basketball Grand Ivent 2022 merupakan kegiatan Basketball terbesar tahun 2022 yang diikuti puluhan tim dari Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Bengkulu.

Tidak itu saja, kegiatan yang digagas Perbasi dan didukung penuh Pemerintah Kota Payakumbuh serta sejumlah pihak itu juga menggelar kegiatan untuk peserta didik, tingkat SD, SMP dan SLTA.

Ketua Perbasi Payakumbuh, Ledo Putra, S. Kom dalam laporannya saat pembukaan kegiatan menyebutkan, Payakumbuh Basketball Grand Ivent yang digelar merupakan kegiatan lanjutan yang digelar pada tahun 2021 lalu.

“Dengan dukungan pe­nuh Pemko Payakumbuh, SKPD dan perbankan serta pemerhati Basketball, kegiatan yang melibatkan banyak tim ini bisa kembali digelar di Kota Payakumbuh. sebut Ledo Putra.

Ledo juga menambahkan, dalam Ivent tahun 2022 ini dipertandingkan beberapa kategori, yakni peserta didik mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SLTA, KU 2004, Veteran dan Executive.

Selain untuk menciptakan atlet Basket juga untuk terus memasyarakatkan olahraga Basket, sebab disekolah-sekolah sudah banyak sarana/lapangan Basket yang dibangun.

”Dengan Ivent ini kita siap ciptakan atlet, termasuk untuk persiapan Porprov tahun 2023 nanti. Kita apresiasi Pemko Paya­kum­­­buh yang melengkapi berbagai Fasilitas olahraga di Payakumbuh, semoga Prestasi Payakumbuh ke­depannya lebih baik,” tu­tupnya.

Sementara Wakil Ke­tua Pelaksana Kegiatan, Robby Prakarsa menyebutkan bahwa antusias peserta sangat tinggi dalam Ivent ini, selain akibat vakum saat Pandemi dua tahun lalu, peserta yang berasal dari berbagai dae­rah juga memanfaatkan Ivent ini untuk menyiapkan atlet mereka serta mengukur kemampuan ma­sing-masing tim atau dae­rah lain.

”Untuk antusias peserta sangat tinggi, bahkan karena keterbatasan waktu pelaksanaan ada tim/peserta yang terpaksa ti­dak diikutsertakan. Ivent ini juga menjadi tolak ukur bagi masing-masing dae­rah atau peserta mengu­kur kemampuan diri dan daerah lain, serta me­nyiapkan Atlet jelang Porprov Sumbar tahun 2023 nanti,” ucap Robby diamini Sekretaris Pelaksana kegiatan, Edward serta Wakil Sekretaris Pelaksana, Aldi.

Sementara Tokoh Ma­syarakat peduli olahraga Basket, Isnaldi yang hadir bersama Walikota Payakumbuh mengapresiasi kegiatan yang digelar Perbasi Payakumbuh, ia berharap kegiatan tersebut bisa dilakukan secara rutin sebagai wadah sekaligus ajang pencarian Atlet.

”Kita apresiasi dan sam­but baik kegiatan yang digelar Perbasi Payakumbuh, semoga bisa digelar secara rutin sebagai bentuk pembinaam sekaligus ajang pencarian Atlet,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi saat membuka kegiatan berharap kegiatan yang dilaksanakan Perbasi Payakumbuh bisa menciptakan atlet-atlet yang siap membela daerah diberbagai Ivent. Tidak saja di ajang Porprov, namun juga event yang lebih tinggi. Ia menyebutkan akan terus melengkapi berbagai sarana olahraga di Payakumbuh.

”Meski anggaran kita sedikit, namun sarana olah­raga kita lengkap. Jadi de­ngan sarana yang lengkap kita siap menciptakan atlet-atlet yang yang mampu bertanding di skala yang lebih besar selain Porprov,” jelas Riza. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top