Close

PAUD  sebagai Pondasi Dasar Membangun Karakter Anak di Kota Padang

PELANTIKAN PENGURUS — Ketua PAUD Kota Padang Ny Genny Hendri Septa berfoto bersama usai pelantikan pengurus daerah Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Padang, Kamis (4/11/) di palanta rumah dinas wali kota.

A.YANI, METRO–Ketua PAUD Kota Padang Ny Genny Hendri Septa me­nyebut bahwa PAUD merupa­kan pondasi penting bagi tum­buh kembang anak. Karena lewat PAUD, karakter anak serta pendidikannya dapat terbentuk.

“Saat di PAUD itulah masa emas anak sebenarnya. Mere­ka dapat dibentuk sejak me­nginjak pendudukan di PAUD,” ungkapnya ketika memberi sambutan saat pelantikan pengurus daerah Him­pu­nan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Pa­dang, Kamis (4/11/) di pa­lanta rumah dinas wali kota.

Ny. Geni Hendri Septa menjelaskan, agar karakter anak terbentuk saat di jenjang PAUD, dibutuhkan guru atau tenaga pendidik PAUD yang siap dalam menghadapi berbagai tan­tangan zaman. Namun be­gitu, yang menjadi masalah saat ini yakni dana insentif yang diterima guru/pen­didik PAUD masih kurang.

“Kita berharap duku­ngan Ketua DPRD Padang dan Bunda PAUD Sumbar menyikapi hal ini. Bersa­ma-sama kita carikan solu­si,” harapnya.

Gayung pun bersam­but. Ketua DPRD Padang Syafrial Kani mengungkap­kan, pihak legislatif berjanji akan mem­berikan perha­tian le­bih kepada guru PAUD. DPRD akan mem­perjuang­kan dana insentif bagi guru PAUD.

“Soal itu (insentif atau honor guru/pendidik PA­UD) yang masih minim, sementara perannya pen­ting, Insya Allah akan kita perjuangkan di DPRD,” kata Syafrial.

Pengurus Himpaudi Pa­dang dilantik  Bunda PAUD Sumbar Ny. Harneli Bahar Mahyeldi. Dalam sambu­tan dan arahannya Ny Har­neli menuturkan bahwa peran seorang gu­ru, khu­sus­nya guru pendidikan anak usia dini (PAUD) sa­ngat penting dalam meno­pang perkem­ba­ngan kua­litas sumber da­ya manusia (SDM). Untuk itu, layanan PAUD yang dija­lankan se­lama ini, mesti te­rus diting­katkan kualitasnya.

“Anak-anak usia dini adalah usia emas. Oleh karena itu, jangan disia-siakan. Isilah mereka de­ngan bekal yang mumpuni. Jadi para pendidik/bunda PAUD perannya sangat vital di sini,” katanya.

Ny Harneli berharap ke depan Himpaudi Padang melahirkan program dan terobosan sehingga eksis­tensi Himpaudi benar-be­nar dirasakan rakyat se­kaligus dampak positif. Tahun lalu, guru Himpaudi berprestasi dapat reward umrah, ke depan kalau bisa ditambah. Begitu pula pem­­berian beasiswa.

Ketua Himpaudi Pa­dang Desi Susanti usai di­lantik, mengatakan, pihak­nya akan berupaya mem­be­rikan yang terbaik untuk kema­juan Himpaudi dalam rangka meningkatkan kua­litas pen­didikan anak usia dini. Na­mun dia mene­kan­kan, hal itu bisa dilakukan, se­­­cara bersa­ma-sama. “Ka­­­mi butuh kriti­kan seba­gai masukan bagi kami,” kata­nya. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top