Menu

Pastikan Rujukan Online Berjalan Baik BPJS Kesehatan Lakukan Spot Check

  Dibaca : 90 kali
Pastikan Rujukan Online Berjalan Baik BPJS Kesehatan Lakukan Spot Check
LAYANI— Terlihat beberapa petugas BPJS Kesehatan sedang melayani peserta BPJS Kesehatan.

BENTENG, METRO – BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh turun langsung ke lapangan untuk memastikan Rujukan Online telah berjalan dengan baik di semua Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Payakumbuh.

Spot Check ini dilakukan di beberapa Rumah Sakit diantaranya RSI Ibnu Sina Payakumbuh, RSUD dr. Adnaan WD serta di beberapa FKTP diantaranya Puskesmas Air Tabik, Benteng Klinik dan lainnya.

Tujuan dilakukannya pengecekan langsung kelapangan ini adalah untuk memastikan tidak ada lagi kendala-kendala yang dihadapi faskes dalam penggunaan aplikasi rujukan online. Baik itu jaringan komunikasi data, ataupun pemahaman petugas di Fasilitas Kesehatan dalam penerapan Aplikasi.

Selain melakukan pengecekan langsung ke lapangan, BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh juga malakukan edukasi, pemberian pemahaman tata cara penggunaan Rujukan Online melalui Aplikasi P-Care dan V-Claim bagi Petugas Puskesmas/Klinik dan Petugas Rumah Sakit.

“Tujuan kita melakukan Spot Check Langsung ke Lapangan adalah untuk memastikan kelancaran jaringan di puskesmas/Klinik dan Rumah Sakit untuk mendukung aplikasi P-Care dan V-Claim, menerima keluhan puskesmas/Klinik dan Rumah Sakit dalam penerapan rujukan online dilapangan, apa saja kendala-kendala yang dihadapi baik itu tentang rujukan online ataupun keluhan dari Peserta.

Alhamdulillah sampai sejauh ini tidak ada kendala ataupun keluhan, penerapan rujukan online di Rumah Sakit berjalan baik, hanya saja Jaringan Komunikasi Data yang perlu kita tingkatkan lagi untuk pendukung Aplikasi,” ujar Hernawan Priyastomo, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh.

Nelrahmi Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer juga menambahkan bahwa sejauh ini kendala untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama hanya pada pemilihan rumah sakit yang menjadi tempat rujukan dibatasi yang berjarak 15 km. “Tapi untuk kebijakan tersebut kita sudah tindaklanjuti, untuk kasus tertentu yang mengharuskan peserta dirujuk ke Rumah Sakit di luar pilihan pada aplikasi P-Care, FKTP bisa berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan dan nanti akan kita bukakan aplikasinya,” jelasnya lebih jauh.

Pada Saat Spot Check ini pihaknya juga melakukan seurvey kepuasan peserta terhadap rujukan online. “Alhamdulillah peserta merasa dimudahkan dan cukup senang dengan kebijakan baru ini. Karna salah satunya dapat memangkas antrian yang menumpuk di satu Rumah Sakit,” tuturnya mengakhiri. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional