Menu

Pastikan Penerapan Prokes, Pemko Monitoring Sekolah Selama Dua Bulan

  Dibaca : 370 kali
Pastikan Penerapan Prokes, Pemko Monitoring Sekolah Selama Dua Bulan
TINJAU SEKOLAH— Wawako Padang, Hendri Septa meninjau beberapa sekolah pada hari kedua proses belajar mengajar tatap muka, Selasa (5/1).

AZIZ CHAN, METRO
Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa melakukan peninjauan proses belajar secara tatap muka di beberapa Sekolah Dasar dan menengah di Kota Padang pada Selasa (5/1). Hendri mengunjungi SD 30 Cengkeh, SMP 1, TK Pembina Lubuk Kilangan, SMP 8 Padang dan SMP 10 Padang.

“Ini merupakan agenda hari kedua Pemko Padang melakukan monitoring pelaksanaan proses belajar tatap muka yang sudah kita mulai dari pukul 07.00 WIB tadi, sengaja kita datang lebih pagi untuk melihat langsung kedatangan peserta didik sampai masuk ke ruang kelas,” tukas Hendri.

“Dari hasil peninjauan dan pengecekan kita hari ini (kemarin), alhamdulillah berjalan lancar sesuai protokol kesehatan (prokes). Anak-anak ketika sampai di sekolah sudah memakai masker, suhu tubuhnya dicek, kemudian disuruh cuci tangan baru masuk ke ruang kelas. Di dalam kelas juga disediakan hand sanitizer,” ujar Hendri.

Hendri menjelaskan, dirinya juga menanyakan langsung kepada peserta didik mana yang lebih baik sekolah tatap muka atau daring, dan juga menanyakan langsung kondisi peserta didik ketika memakai masker.

“Tadi kita tanyakan kepada siswa apakah mereka suka dan nyaman sekolah tatap muka dan mereka menjawab nyaman. Begitu juga dengan memakai masker, mereka mengaku tidak sesak nafas dan sudah terbiasa karena kesehariannya juga rutin memakai masker,” sebut Hendri.

Ia berharap dukungan semua pihak agar sekolah tatap muka berjalan lancar, terutama dukungan para orang tua. “Kita, Pemko Padang terus melakukan monitoring setiap minggunya selama dua bulan ke depan guna memastikan penerapan prokes di sekolah berjalan dengan baik, sehingga peserta didik tidak ada yang terpapar Covid-19,” tukas Hendri.

Terpisah, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Padang, Syafrizal Syair mengatakan, hasil monitoring ke sekolah bahwa proses tatap muka berlangsung baik. “Kita bsru saja kembali dari beberapa sekolah dan situasinya tetap terkendali,” ujar mantan kepala SMP 7 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan bahwa proses belajar mengajar (PBM) berjalan aman dan lancar dan hingga sekarang, tak ada laporan dari pihak sekolah tentang munculnya klaster baru. “Masih terkendali pelaksanaannya dan kondisi aman dan nyaman,” tandasnya.

Ia mengatakan, jika ada laporan dan indikasi positif, Disdik akan pelajari dulu dan telusuri di sekolah mana. Apabila hanya di satu sekolah atau banyak kelurahan, maka tatap muka distop. Namun jika tidak banyak kasus, tatap muka tetap berjalan.

“Kita berharap para wali murid yang ada tetap siapkan perlengkapan anak menuju sekolah. Agar kesehatan terjamin dan mata rantai terputus,” ucap mantan kepala BKPSDM Padang ini.

Selain itu ungkapnya, bila kondisi tetap aman dan baik, proses tatap muka akan ditingkatkan terus. Anggota Komisi IV DPRD Padang, Zulhardi Z Latief bersyukur atas kondisi yang aman dan terkendali. “Kita berharap ini dipertahankan dan wali murid tetap awasi dan penuhi kebutuhan anak,” ujar kader Golkar ini. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional