Close

Pastikan Pendistribusian Pasokan Listrik, PLN Sumbar Rutin Lakukan Pemeliharaan Jaringan

WAHIDIN, METRO–Untuk meningkatkan pelayanan melalui keandalan listrik kepada ma­syarakat, PLN Unit Induk Wilayah (UI W) Sumbar secara rutin melakukan pekerjaan pemeliharaan jaringan listrik. Manager Komunikasi dan TJSL PLN Unit  Induk Wilayah Sumbar Yeni Rafii, menjelaskan pemeliharaan dilakukan secara rutin untuk memastikan pendistribusian pasokan listrik dapat dilakukan dengan maksimal.

“PLN melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Salah satunya dengan rutin melakukan pemeliharaan jaringan listrik yang selalu kami informasikan kepada seluruh pelanggan atau stakeholder melalui media sosial milik PLN Sumbar,” ungkap Yeni, Senin (8/11).

PLN secara rutin mengadakan pemeliharaan jaringan distribusi 20 KV sehingga di beberapa tempat akan mengalami padam, dengan waktu yang telah terjadwal dan diumumkan.  Adapun durasi padam untuk pemeliharaan maksimal adalah 6 jam, dan luas area padam seminimal mungkin.

Ia juga menginformasikan kondisi pasokan kelistrikan di wilayah kerja PLN UIW Sumatera Barat saat ini aman dan andal. Pembangkit-pembangkit yang ada di Sumbar saat ini memiliki kapasitas 770,21 MW dengan beban puncak tertinggi mencapai 609,60 MW. Sehingga cadangan daya pembangkit sebesar kira-kira 160,61 MW atau 20,85%.

“Dengan kondisi tersebut artinya dari sisi pasokan dapat dikatakan cukup berlimpah sehingga PLN siap bersinergi dengan pemerintah untuk melistriki seluruh masyarakat hingga pelosok negeri,” ulasnya.

Hal ini diperkuat dengan sistem interkoneksi kelistrikan di Sumatera (tol listrik) yang mampu menopang kebutuhan listrik sehingga Su­matera bagian tengah men­dapatkan pasokan dari Selatan maupun Utara. Selain itu PLN juga menyiagakan petugas Pekerjaan Dalam Kea­daan Bertengangan (PDKB) yang siap menjamin keanda­lan listrik bagi masyarakat.

“Tugas PLN saat ini untuk terus melakukan peningkatan keandalan sistem distribusi guna menjamin lancarnya pasokan listrik dan kenyamanan pelanggan,” tegasnya.

Di sisi lain, untuk mendapatkan informasi kelistrikan, promo dan layanan PLN pelanggan bisa mengakses aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore di ponsel pelanggan. Untuk informasi lainnya dalam cakupan Sumatera Barat dapat diakses melalui media social Instagram PLN Sumbar @pln­sumbar dan fanpage Facebook PLN Wilayah Su­matera Barat. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top