Close

Pastikan Keamanan Data Aman Dari Virus, Kominfo Diminta Segera Lakukan Antisipasi

PERTEMUAN—Pertemuan Kadis Kominfo Ampera Salim dengan pihak PT. Inovasi Sistem Teknologi, Kamis (22/9) sebagai antisipasi pengamanan data center Pemko Padangpanjang.

Mengantisipasi ke­a­manan data yang ada di Kota Padangpanjang, Walikota, H. Fadly Amran dan Dinas Kominfo setempat adakan pertemuan dengan PT. Inovasi Sistem Teknologi, Kamis (22/9).

Wako Fadly mengatakan, data center yang ada di Kota Padangpanjang perlu diamankan. Apalagi saat ini banyak virus-virus dan hacker yang berusaha masuk dan mengambil data pemerintah.

“Saya minta Dinas Kominfo kerjasama dengan PT. Inovasi ini agar data kita ada pengamannya. Jangan sampai kita lengah dan data kita kena virus serta hilang tidak bisa diakses lagi,” ujarnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Padangpanjang Ampera Salim, didampi­ngi Sub Koordinator Tek­no­logi Informasi dan Persandian, Nofriko Putra, me­nyebutkan, di Padangpanjang untuk infrastruktur sudah ada, tinggal me­lanjutkan.”Ke depan untuk mengamankan data kita akan lakukan kerjasama dengan PT. Inovasi ini,” katanya.

Selain itu, Ampera ju­ga mengakui saat ini ba­nyak sekali virus dan hacker yang mengambil data pemerintah.”Perlu sekali bagi kita untuk adanya pertahanan dan keamanan. Karena ini adalah sa­lah satu sektor yang sa­ngat strategis. Kita sangat perlu adanya keamanan ini,” tuturnya.

Sementara President Director PT. Inovasi Sis­tem Teknologi, Andi Harmaini menyampaikan, sa­at ini untuk pengamanan sistem pemerintah sudah banyak dimasuki hacker. Jadi sa­ngat perlu adanya pengamanan pada server Pemda.

“Kita takutnya ada gang­guan dari luar. Insiden serangan siber, sebelum terjadi kita beri pengamanan,” katanya.

Sebelumnya Kadis Kominfo telah ikuti Seminar Pengamanan Ekosistem Teknologi Informasi di Era Transformasi Digital di Hotel Santika Kota Padang yang diadakan PT. Inovasi Sistem Teknologi ini.

Guna menindaklanjuti kegiatan Registrasi Sosial Ekonomi (Reg Sosek ) ter­sebut, ungkap Ampera Salim. Tim yang diketuai Statistisi Ahli Muda BPS Kota Padang Panjang, Mas­ruqi Arrazy,

Masruqi yang me­ngun­jungi Kominfo Padangpanjang dengan tujuan memperjelas dan mendapatkan informasi yang akurat bagaimana kelanjutan pe­ngolahan sistem data di daerah.

“Kedatangan kita ke sini sebenarnya untuk melanjutkan kegiatan Reg Sosek yang diadakan, me­ngenai sistem pengolahan data yang berjalan di sini,” ucapnya.

Ruki berharap untuk kedepannya agar sistem pengolahan data ini da­pat berlangsung dengan cepat dan tepat, serta dapat terus melakukan update atau pembaharuan se­hingga mampu mengolah data dengan lebih baik lagi. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top