Close

Pastikan Jabatan di Birokarasi Diduduki Orang Profesioanal  

FOTO BERSAMA—Eddi Susanto foto bersama dengan penerima penghargaan.

TANAHDATAR, METRO–Sistem merit diartikan sebagai proses rekrutmen, promosi, penghargaan, dan hukuman yang adil, dan teratur berdasarkan kualifikasi, kinerja, dan seleksi kompetitif, yang dinilai para ahli. Tujuan penerapan sistem merit ialah untuk memastikan jabatan di birokrasi pemerintah diduduki orang-orang yang profesional, dalam arti kompeten, dan melaksanakan tugas berdasarkan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebagai upaya mengawasi dan memastikan penerapan sistem merit, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menggelar Anugerah Meritokrasi tahun 2021, terhadap instansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah.

Sebanyak 103 instansi di pusat dan di daerah tercatat mendapatkan kategori ‘Sangat Baik’ dan ‘Baik’.

Penilaian mempertimbangkan delapan aspek manajemen ASN, yaitu: (1) perencanaan  kebutuhan; (2) pengadaan; (3) pengembangan karier; (4) promosi dan mutasi; (5)  manajemen kinerja; (6) penggajian, penghargaan, dan disiplin; (7) perlindungan dan  pelayanan; serta (8) sistem informasi.

 Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jasrinaldi, Selasa (7/12) kepada Prokopim menyampaikan, Kabupaten Tanah Datar berhasil memperoleh kategori “BAIK” pada tahun ini.

“Keberhasilan ini merupakan buah kerja keras seluruh jajaran BKPSDM yang  berkomitmen untuk terus me­la­kukan perbaikan dalam manajemen ASN di ling­kungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar,” katanya.

Dikatakan Jasrinaldi, tentunya keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar serta Sekretaris Daerah.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dan arahan pim­pinan yang menyarankan agar terus melakukan koor­dinasi dengan KASN dan instansi terkait lainnya da­lam menerapkan sistem merit, prestasi mem­bangga­kan ini bisa kita raih,” katanya lagi.

Sementara itu Penyerahan Anugerah Meritokrasi KASN Tahun 2021 diselenggarakan di Ballroom The Westin Hotel Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, dihadiri Bapak Wakil Presiden RI Bapak KH. Ma’aruf Amin (daring), Kepala KASN, Kemenpan RB,  pim­pi­nan lembaga/kementerian terkait dan beberapa ke­pala daerah provinsi, kabupaten/kota.

Anugerah Meritokrasi tersebut diterima Bupati Tanah Datar diwakili Asistem Ekonomi dan Pem­ba­ngu­nan Edi Susanto  didampingi Kepala BKPSDM dan Kabid PKP BKPSDN Kabupaten Tanah Datar.

Edi Susanto dikesempatan itu menyampaikan, anugerah Meritokrasi yang diraih diharapkan mampu memberikan efek positif terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Semoga upaya yang telah dilakukan, khususnya sis­tem merit dapat ditingkatkan lagi demi mewujud­kan masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang maju, se­jahtera, dan Madani,” tukasnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top