Menu

Pastikan Hak Pilih Masyarakat, Bawaslu Cek Pengumuman DPS di Kelurahan

  Dibaca : 133 kali
Pastikan Hak Pilih Masyarakat, Bawaslu Cek Pengumuman DPS di Kelurahan
CEK PENGUMUMAN DPS— Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh M.Khadafi turun langsung ke lapangan untuk memastikan pengumuman DPS pada Pilkada 2020

TIAKAR, METRO
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh M.Khadafi turun “gunung” kesejumlah Kelurahan dalam Kota Payakumbuh untuk memastikan hak pilih masyarakat masuk dalam DPS pada Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, 9 Desember 2020, Selasa (22/9) siang.

“Kita ingin memastikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sudah di publish atau ditempel ditempat keramaian, sehingga semua orang bisa melihat. Kita juga ingin memastikan jika ada masyarakat atau calon pemilih yang belum terdaftar, mereka bisa melapor ke-petugas PPL di Kelurahan, PPK maupun ke Bawaslu. Nantinya akan kita teruskan ke KPU,” jelas Ketua Bawaslu Payakumbuh, M. Khadafi, disela-sela turun kelapanan untuk melihat langsung pengumuman DPS yang sudah ditempel diberbagai tempat oleh KPU.

Pemantauan di dua Kelurahan (Kelurahan Tiakar dan Kelurahan Payobasuang) di Kecamatan Payakumbuh Timur, yang dilakukan Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, M.Khadafi bersama staf memang terlihat ada pengumuman daftar pemilih sementara pada pilkada serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 9 Desember 2020 mendatang.

Disampaikannya, dengan turun langsung kelapangan dirinya sebagai pengawas Pemilu dapat memastikan agar hak pilih masyarakat terjamin. Dia juga berharap agar warga masyarakat yang sudah memiliki hak pilihnya dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang dapat menggunakan hak pilihnya. Selain itu, untuk memastikan agar DPS yang telah dipasang bisa diakses warga dengan mudah.

Khadafi juga menambahkan, menurutnya KPU melalui PPS sejauh ini telah menempelkan DPS dengan baik, sehingga mudah diakses warga. Bahkan pemilih Pemula juga telah masuk dalam DPS yang ditempelkan itu. “ Sudah, sudah baik sejauh ini. Barusan kita lihat ada pemilih pemula yang namanya masuk dalam DPS yang telah ditempel itu,” jelasnya.

Sementara Lurah Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, Ade Vianora menyebutkan bahwa DPS telah ditempal oleh PPS sejak beberapa waktu lalu. Dan sejauh ini belum ada warga yang melapor jika belum masuk dalam DPS tersebut. “ Sejak ditempel beberapa hari lalu sampai sekarang belum ada warga yang melapor jika dirinya belum masuk dalam DPS,” tuturnya kepada awak media.

Mantan Lurah Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat yang juga Ketua Karang Taruna Kota payakumbuh itu juga menyebutkan, di Kelurahan Payobasung terdapat sekitar 1700 lebih pemilih. “Kita harapkan masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya nanti, dan di Kelurahan Payobasuang ada sekitar 1.700 pemilih,” jelasnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional