Menu

Pastikan Diolah sesuai Standar Kemenkes, Pemko Pariaman Awasi Pelaku Industri Agro

  Dibaca : 278 kali
Pastikan Diolah sesuai Standar Kemenkes, Pemko Pariaman Awasi Pelaku Industri Agro
Gusniyetti Zaunit

PARIAMAN, METRO
Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman melakukan pemeriksaan terhadap industri agro di Pariaman. Hal ini sesuai aturan Kemenkes RI yang dikeluarkan Senin (22/6) mengenai terjaminnya produk makanan yang bersih, aman dan sehat.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit mengatakan, sejak pandemi Covid-19 hingga saat ini, pihaknya telah mengawasi sektor industri agro. “Isu yang kami ke depankan terkait tiga hal yakni kebersihan, keamanan dan kesehatan sektor industri agro,” ujarnya didampingi Kasi Industri Agro, Silvani.

Sebelum pandemi virus corona ada terangnya, untuk setiap produk industri agro yang diolah telah mengacu pada standar Kemenkes. Bagi pelaku industri agro di Kota Pariaman, mengikuti bimbingan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) di Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Yang kemudian PIRT inilah yang harus didapatkan oleh pelaku industri agro untuk mendapat kepercayaan konsumen, terkait produk bersih, aman dan sehat. PIRT diberikan oleh pihak Dinkes,” jelas Gusniyeti.

Ia menambahkan, terkait industri agro di masa pandemi, selain mendapatkan lisensi PIRT, pelaku industri agro juga harus memberikan laporan higenis produk pada tiap minggunya. Hal ini dijelaskan oleh Silvani, Kasi Industri Agro Perindagkop dan UKM.

“Maka dari itu, selain tiap minggu kami lakukan peninjauan, pelaku industri agro di Kota Pariaman juga melaporkan kepada kami mengenai kebersihan, kesehatan, keamanan produk,” katanya.

Gusniyetti mengungkapkan, produk itu harus sesuai dengan protokol kesehatan. Selain itu, saat proses produksi produk mereka harus punya shift dan pekerja diatas 45 diusahakan di rumah. Pekerja juga harus pakai masker, sarung tangan, penutup rambut serta pola-pola untuk menjaga higenis lainnya.

Seperti diketahui, untuk Kota Pariaman, tidak ada pelaku industri atau pabrik dengan skala besar. Untuk pabrik skala menengah kurang lebih sebanyak 10 unit, sedangkan industri agro rumah tangga mendominasi di atas sektor lainnya. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional