Menu

Pasien Positif Covid-19 di Mentawai Bertambah, Kasus Bermula dari Petugas Depot Air Isi Ulang

  Dibaca : 74 kali
Pasien Positif Covid-19 di Mentawai Bertambah, Kasus Bermula dari Petugas Depot Air Isi Ulang
Lahmuddin Siregar

MENTAWAI, METRO
Kasus positif corona di Mentawai bertambah. Penambahan pasien positif berawal dari salah satu warga Manganjo, Desa Saumanganyak yang bekerja di depot air isi ulang terletak di Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara. Pasien diketahui positif, setelah keluar hasil tes swab dari Labor Unand padang dan saat ini sedang di isolasi di Puskesmas Sikakap.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan, adanya satu orang pasien positif, tim gugus tugas melakukan tracking di tempat kerja yang bersangkutan dan dilakukan tes swab terhadap 25 pekerja di duga kontak erat dengan pasien positif

“Dari 25 sampel yang dikirim ke Labor Unand Padang dinyatakan 16 orang terkonfirmasi positif covid-19 yang dilakukan tes swab pertama,” sebut Lahmuddin kemarin.

Saat ini, kata dia, 16 pasien positif dilakukan screening dan apabila di temukan gejala klinisnya di isiolasi di RSUD Mentawai, kalau tanpa gejala diisolasi ditempat yang sudah disediakan pemkab Mentawai.

Untuk selanjutnya, tim gugus tugas melakukan tracking terhadap pelanggan air minum isi ulang, dan diharapkan masyarakat mendukung hal ini, sehingga dapat ditemukan perkembangan kasus covid-19.

Dia menyampaikan. untuk saat ini yang sudah dilakukan testing secara masif di lingkungan Pemkab Mentawai di antaranya Sekretariat Daerah 85 orang tes swab, Kominfo 48 orang dan BKPSDM 26 orang, total keseluruhan sebanyak 159 orang.

“Secara total, sudah dilakukan swab sebanyak 2.500 orang, sedangkan sampelnya 3.091, artinya satu orang ada tes swabnya satu kali, ada dua kali dan sampai tiga kali” ucapnya.

Dikatakan, sampai saat ini kita masih menunggu hasil sampel yang dikirim dan sudah keluar. Hasilnya, sebanyak 171 sampel dan 248 lagi masih menunggu hasil. ”Mudah-mudahan hasilnya negatif,” pintanya.

Maka melalui itu pihaknya saat ini terus berupaya melakukan tracing kepada masyarakat supaya dapat melakukan tes swab agar Covid-19 terdeteksi dengan cepat.

Lahmuddin merincikan dari klaster 16 orang pasien positif Covid-19 dari pasien positif Covid-19 asal Saumangaya, Kecamatan Pagai Utara bekerja di depot air minum di Desa Bukit Pamewa itu terdapat sebanyak 244 orang hasil tracing dan telah tes swab sebanyak 182 orang.

“Pasien positif Covid-19 saat ini pernah melakukan pertemuan dengan pasien asal Saumangaya. Pada saat itu Nakes atau pasien Positif Covid-19 ini tidak menggunakan alat pelindung diri,” harap Lahmuddin Siregar. (s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional