Menu

Pasca Bertambah 3 Orang Positif Covid-19, Warga Tangsi Baru Jalani Tes Swab

  Dibaca : 884 kali
Pasca Bertambah 3 Orang Positif Covid-19, Warga Tangsi Baru Jalani Tes Swab
TES SWAB— Petugas kesehatan melakukan pengambilan tes swab terhadap warga Tangsi Baru, Kelurahan Tanah Lapang, Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO,  METRO
Penelusuran atau tracking yang dilakukan, Kamis (30/7) malam, terhadap 78 orang warga Tangsi Baru Kelurahan Tanah Lapang Sawahlunto  dan 36 orang siswa SMP 1 dan gurunya, tuntas dilakukan. Dari puluhan yang dites tersebut mengeluarkan hasil 3 warga positif virus corona. Sedangkan 36 siswa SMP 1 dan guru negatif.

Sebelumnya, tracking tersebut dilakukan menyusul informasi dari Satgas Sawahlunto mengatakan, ada 6 warga Tangsi Baru positif Covid -19. Di mana keenam orang ini termasuk keluarga dan tetangga korban “S” (55) yang pada Senin (27/7), sudah lebih dulu dinyatakan positif dan saat ini dirawat intensif di RSUD Rasidin, Kota Padang.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta  membenarkan, perihal bertambahnya 3 orang warga Tangsi Baru yang terkena Covid-19. “Memang benar hari ini infonya ada 3 orang lagi bertambah positif, ketiga orang terdiri atas 1 orang siswa SMP dan 2 orang siswa SD,” kata wako.

Sementara itu, Sekretaris Satgas Adriyusman mengatakan, setelah tracking terhadap warga tangsi baru, akhirnya terdapat 3 orang warga Tangsi Baru positif. Ketiga orang tersebut berkontak langsung dengan yang positif sebelumnya.

Menurut Adriyusman, kesembilan orang tersebut merupakan OTG dan langsung diisolasi di BDTBT Sungai Durian. Untuk yang telah positif sebanyak 6 orang sebelumnya di tes swab tahap 2 untuk dipastikan hasinya apakah positif atau negatif, begitu keterngan dari Sekretaris Satgas Sawahlunto.

“Senin (3/8) ini, kami juga melakukan tes swab kepada masyarakat Tangsi yang belum melaksanakan tes swas,” jawab Adriyusman.

Adriyusman sebagai Sekretaris Satgas Sawahlunto  mengatakan, untuk sementara Tangsi Baru dan sekitarnya zona merah, tetapi Sawahlunto zona merah.  Bila hasil tracking bertambah kita juga akan mentracking seluruh warga Kelurahan Air Dingin dan Kelurahan Tanah Lapang.

“ Diadakan Pembatasan Berskala Besar Tingkat Kelurahan bagi Kelurahan Tanah Lapang.  Dalam arti warga Tangsi dilarang terima tamu dan mengadakan perhelatan ( baralek,  pengajian dan yang lainnya),” ujar Adriyusman.

Adriyusman menghimbau media dan seluruh warga di kota Sawahlunto untuk melaporkan bila ada pendatang,  Kelurahan/Desa harus proaaktif menyuruh warganya untuk melaksanakan tes SWAB di Puskesmas yang ada di empat kecamatan di Kota Sawahlunto. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional