Menu

Pasbar Targetkan Produksi Ikan Laut 118.203 Ton

  Dibaca : 207 kali
Pasbar Targetkan Produksi Ikan Laut 118.203 Ton

PASBAR, METRO
Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menargetkan produksi ikan laut sekitar 118.203 ton selama 2021. Target itu naik dibandingkan tahun 2020 sebesar 115.290 ton.

“Mudah-mudahan target 118.203 ton dapat tercapai,” kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasbar, Zulfi Agus kemarin.

Zulfi menambahkan, berbagai upaya akan dilakukan untuk meningkatkan produksi ikan di daerah itu. Diantara upaya yang akan dilakukan adalah dengan melengkapi sarana prasarana tangkap nelayan yang ada. Menurutnya, bantuan yang akan diberikan adalah mesin long tail, mesin tempel, bantuan perahu ukuran dibawah 30 GT Gross Tonage (GT), bantuan GPS, bantuan mesin diesel dan bantuan alat tangkap gill net.

Selain itu kata Zulfi, juga akan memberikan bantuan alat tangkap trammel net atau jaring udang, bantuan jaring udang double net, bantuan fish box dan bantuan becak motor pengangkut ikan. “Program bantuan nelayan itu berasal dari Dana Alokasi Khusus KKP, pokok pikiran DPRD Provinsi Sumbar dan Kabupaten Pasbar serta APBD Provinsi Sumbar dan Pasbar,” jelasnya.

Selain itu juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia para nelayan yang ada melalui sosialisasi dan bimbingan teknis. “Kami optimis target produksi tahun ini bisa tercapai. Sebab, rata-rata waktu normal sekali melaut nelayan memperoleh 10 hingga 20 ton ikan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, diantara ikan yang dihasilkan di Pasbar, adalah tongkol, tenggiri, kakap merah, bawal, udang kelong, kerapu dan teri. Ikan yang dihasilkan nelayan di Pasbar, selain dipasarkan di Sumbar juga di provinsi lainnya bahkan ada yang sampai ke luar negeri seperti ikan kerapu. (end)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional