Menu

Pasbar Studi Komperatif Naskah Akademik

  Dibaca : 43 kali
Pasbar Studi Komperatif Naskah Akademik
DPRD Pasaman Barat study comperatif mekanisme pembuatan naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda ) ke Kota Pariaman.

PARIAMAN, METRO–DPRD Pasaman Barat study comperatif meka­nisme pembuatan naskah akademik Rancangan Pera­turan Daerah  ( Ranperda ) ke Kota Pariaman. Rom­bongan DPRD Kabupaten Pasaman Barat ini, dipim­pin oleh Wakil Ketua, Dali­yus didampingi Ketua Ba­pe­m­perda DPRD, Su­prio­no, dan 7 anggota  DPRD lainya dan Kabag Hukum Kabu­paten Pasaman Barat, Ide Syukroni dan jaja­ra­nya.

“Kami banyak mende­ngar bahwa Kota Pariaman melalui Bagian Hukumnya banyak membuat Ran­per­da yang diajukan ke DPRD nya, sehingga dalam seta­hun ada lebih dari 5 Pe­raturan Daerah yang dapat dibuat bersama dengan DPRD Ko­ta Pariaman,” ujar Wakil Ketua DPRD Pasa­man Barat, Daliyus, ke­marin.

Daliyus juga menga­takan, pihaknya juga mem­bawa Ketua Badan Pem­bentukan Peraturan Da­erah (Papemperda) be­serta seluruh anggotanya, dalam rangka mendalami bagaimana alur meka­nis­me pembuatan naskah akademik ranperda, yang nantinya akan melahirkan perda yang dapat di­imple­mentasikan di lapangan nantinya.

“DPRD Pasaman Barat tidak terlalu banyak mene­rima usulan ranperda dari executiv dalam hal ini Pe­me­rintah Kabupaten Pa­saman Barat, apalagi sejak pandemi Covid-19 saat ini, kami di DPRD Pasaman Barat hanya membahas ranperda yang wajib-wajib saja, seperti ranperda A­P­BD dan sebagainya yang berkaitan denga ke­uang­an,” tukasnya.

Sementara itu Asisten II Kota Pariaman, Sumi­ramis yang didampingi Kabag Hukum Pemerintah Kota Pariaman, Indra Syam­­su, mengatakan bahwa Pem­ko Parimaan di tahun 2020 ini mengajukan 20 ran­cangan ranperda, dimana saat ini sampai Juli 2021, sudah ada 5 ranperda yang dibahas dengan DPRD Ko­ta Pariaman.

“Kita di Kota Pariaman, minimal mengusulkan 10 ranperda untuk diusulkan ke DPRD Kota Pariaman, dan khusus tahun 2021 ini, kita mengusulkan 20 ran­perda dan sudah ada 5 yang kita bahas di DPRD dan sedang menuju pene­tapan atau ketok palu,” ujarnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional