Menu

Pasar Tradisional Nagari perlu Direvitalisasi

  Dibaca : 68 kali
Pasar Tradisional Nagari perlu Direvitalisasi
REVITALISASI— Aktivitas pedagang sayur di salah satu pasar nagari di Kabupaten Solok, ke depan Pemkab Solok bakal melakukan revitalisasi terhadap pasar tradisional di nagari-nagari.

SOLOK, METRO
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok melalui Dinas Koperindag dan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) terus melakukan pembinaan terhadap pengelolaan pasar nagari. Bahkan pemerintah daerah juga telah melakukan revitalisasi pasar pada tahun 2020.

Pasar tradisional yang ada di nagari-nagari dinilai juga berfungsi sebagai tempat utama untuk memasarkan hasil produk UMKM. Bupati Solok Gusmal menyebutkan, tiap wilayah mempunyai potensi sendiri, seperti wilayah selatan Kabupaten Solok mempunyai potensi di bidang sayuran. Daerah bagian tengah kental akan beras dan pangan lainnya, serta bagian utara unggul di bidang perikanan.

Dengan kondisi demikian, perlu sinergitas antara pengelola pasar dengan pemerintah, karena yang berjualan di nagari bukan hanya masyarakat di nagari bersangkutan.

Pemerintah Kabupaten Solok akan menjadikan pasar sebagai program prioritas melalui “Revitalisasi Pasar” agar pasar berfungsi dalam meningkatkan taraf pelayanan dan tingkat kesejahteraan perekonomian rakyat.

“Seiring berkembangnya zaman, pasar Nagari tidak lagi menjadi prioritas bagi masyarakat, terutama kaum ibu-ibu untuk membeli kebutuhan dapur, atau petani dalam memasarkan hasil pertaniannya,” tambah Gusmal.

Melekatnya stigma buruk pada pasar nagari, seringkali mengakibatkan sebagian dari para pengunjung mencari alternatif tempat belanja lain. Di antaranya mengalihkan tempat berbelanja ke pedagang kaki lima dan pedagang keliling yang lebih relatif mudah dijangkau atau tidak perlu masuk ke dalam pasar.

Kepala Dinas Koperindag dan UMKM Kabupaten Solok, Eva Nasri mengatakan, survey dilaksanakan pada beberapa Kecamatan pada tahun lalu. Meliputi Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kecamatan X Koto Singkarak, Kecamatan Tigo Lurah, dan Kecamatan Lembang Jaya.

Hasil survei yang sama didapatkan pada 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok yaitu di Kecamatan Lembah Gumanti Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kecamatan Tigo Lurah, dapat disimpulkan bahwa pada nagari-nagari tersebut terdapat beberapa los yang harus diperbaiki termasuk fasilitas pendukungnya. Agar dalam perencanaan revitalisasi pasar, nantinya pasar-pasar ini mendapatkan prioritas. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional