Menu

Pasar Raya Terapkan Jarak Antar Pedagang

  Dibaca : 500 kali
Pasar Raya Terapkan Jarak Antar Pedagang
JAGA JARAK— Antara pedagang satu dengan pedagang lainnya yang berjualan di Jalan Sandang Pangan di Pasar Raya Padang dikasih jarak. Penerapan jaga jarak ini telah disosialisasikan oleh Disdag.

PASAR RAYA, METRO
Di masa menuju new normal, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang menerapkan adanya jarak antara satu pedagang dengan pedagang lainnya, terutama di Jalan Sandang Pangan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Pasar Raya Padang.

Dari pantauan POSMETRO, Senin (15/6), pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Jalan Sandang Pangan, telah menerapkan jarak satu meter antar pedagang. Para pedagang terlihat telah memakai masker dan patuh protap kesehatan Covid-19 yang telah disosialisasikan dan diterapkan Disdag Padang.

Salah satu pedagang, Upik (48) mengatakan, penerapan jaga jarak telah disosialisasikan oleh pihak Disdag sejak seminggu lalu. “Kita mematuhi aturan yang diterapkan oleh Dinas Pasar. Supaya situasi kembali pulih dan pengunjung kembali ramai. Saat ini pembeli sudah mulai ramai pada biasanya,” kata Upik yang berdagang buah-buahan itu.

Kepala Disdag Kota Padang, Andree H. Algamar mengatakan, penerapan pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan di Pasar Raya dibantu oleh petugas gabungan baik TNI dan Polri. Penerapan ini telah dilakukan semenjak kunjungan gubernur dan kapolda pada Senin (8/6) lalu ke Pasar Raya.

“Penerapan protokol kesehatan tersebut seperti, wajib pakai masker, jaga jarak dan telah disediakan tempat mencuci tangan dibeberapa tempat,” ujarnya Andre di ruang kerjanya.

Andree menambahkan, protokol kesehatan Covid-19 ini wajib dipatuhi oleh pedagang dan pengunjung. Sosialisasi juga telah dilaksanakan dengan mengunjungi lokasi pelaku usaha yang diatur dalam Perwako Nomor 49 Tahun 2020.

“Guna kita menerapkan protokol Covid-19 ini yaitu untuk memberikan garansi bahwa Pasar Raya ini aman untuk dikunjungi. Di lapangan diharapkan saling mengingatkan untuk patuh aturan protokol Covid-19. Kita mohon dan harapkan supaya semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Tes Swab
Andre mengatakan, di Pasar Raya telah dilakukan tes swab terhadap 2.628 orang selama tiga tahap. Untuk pelaksaan tes swab tahap tiga yang dilaksanakan selama lima hari di Blok III, telah dites sebanyak 856 orang termasuk sopir angkutan umum dihari terakhir pelaksanaan tes swab.

“Dari total keseluruhan sampel yang telah diambil, sebanyak 248 orang positif Covid-19. Semuanya sudah dilakukan karantina dan isolasi mandiri di beberapa lokasi,” bebernya.

Andree menambahkan, masyarakat tidak perlu takut ke pasar dan bagaimana bisa membangkitkan kembali ekonomi di pasar maupun usaha lainnya. “Bagi kami bagaimana pasar raya maupun pasar satelit kembali menggeliat dan ramai pembeli. Tetapi dengan catatan, tetap patuh protokol kesehatan. Dikarenakan patuh protokol kesehatan bisa memberikan garansi bahwa pasar itu aman,” tandasnya. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional