Menu

Pasar Padang Ganting Butuh Kontainer Sampah

  Dibaca : 59 kali
Pasar Padang Ganting Butuh Kontainer Sampah
Pj Bupati Erman Rahman, didampingi Kadis Perkim LH dan Kadis Koperindag Darfizal saat berkunjung ke Padang Ganting--chandra antoni.

TANAHDATAR, METRO
Sampah akan menjadi permasalahan jika tidak dikelola dengan baik. Kebiasaan sebagian masyarakat membuang sampah sembarangan termasuk dibuang ke tepi batang air, tepi jalan dan sebagainya menambah sulitnya penanganan sampah. Keluhan ini disampaikan Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar saat kunjungan kerja Pjs. Bupati Erman Rahman ke Nagari Padang Ganting, Rabu, (7/10).

Turut mendampingi Kadis Perkim LH Dessy Trikorina, Kadis Koperindag Darfizal, Kadis PMDPPKB Nofenril dan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Utri Satria Putra.

Sebelum meninjau pasar dan lokasi tempat pembuangan sampah, rombongan disambut Camat Padang Ganting Reni Susanti, Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar, Forkopimca dan beberapa staf kecamatan dan perangkat nagari lainnya di Kantor Camat Padang Ganting.

Di kesempatan itu, Marzal Umar katakan persoalan sampah terutama sampah pasar merupakan persoalan klasik sejak dahulunya karena Padang Ganting tidak memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

”Jadi sampah ini dibuang ke sini,  bahkan tidak jarang batang air dan bandar menjadi sasaran pembuangan sampah. Persoalan ini sudah sejak lama,  bahkan sejak pasar ini ada sampah ini sudah dibuang kesini,” ujar Marzal Umar saat mendampingi Pjs Bupati ke lokasi pembuangan sampah yang berada di tepi Batang Selo yang tidak jauh dari Balai Rabaa.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Perkim LH Dessy Trikorina mengatakan TPA memang tidak ada di nagar-nagari, melainkan hanya satu di Kabupaten Tanah Datar yaitu di Bukit Sangkiang, di sinilah sampah ditumpuk, dipilah dan diolah kembali.

Sementara untuk mengatasi persoalan sampah di Nagari Padang Ganting,  Kecamatan Padang Ganting. terutama persoalan sampah pasar yang menggunung yang selama ini dibuang di tepi batang air, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar melalui  Dinas Perkim LH  berjanji akan mencarikan solusinya.

Dikatakannya untuk mengatasi sampah di pasar Padang Ganting, secepatnya akan menyediakan satu kontainer dekat Pasar Rabaa Nagari Padang Ganting dan nanti sampah ini akan dijemput mobil sampah untuk dibuang ke TPA.

”Kontainer akan segera ditempatkan dekat kawasan pasar dengan syarat warga bersedia memberikan lokasi tempat kontainer diletakkan,” ucap Dessy.

Dessy juga mendorong nagari memiliki bank sampah. ”Dari 75 nagari, saat ini baru 22 nagari yang memiliki bank sampah, dari itu kita terus menghimbau kepada pemerintah nagari dan kecamatan untuk menyediakan bank sampah di masing-masing nagari,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama kepala Dinas PMDPPKB Nofenril menyebutkan, sejauh ini juga telah mendorong nagari-nagari mendirikan bank sampah dari dana desa atau nagari.

“Untuk membangun bank sampah, bisa dari anggaran dana desa, bisa melalui Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dan bisa juga melalui kelompok yang dibentuk,”jelasnya.

Sementara itu Pjs Bupati Erman Rahman pada kesempatan itu menyampaikan jika pemerintah nagari boleh membangun, atau membuat bank sampah melalui anggaran dana desa dengan catatan tertuang dalam Musrenbang atau Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) nagari melalui persetujuan bersama.

Pada saat kunjungan kerja yang diawali dengan diskusi di aula kantor camat itu, Erman Rahman mengatakan, jika untuk saat ini pemerintah pusat hingga kabupaten dan kota memiliki tugas penting dalam menangani pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pjs mengimbau agar memahami kondisi masyarakat yang mulai tidak hirau dengan pandemi Covid-19.

“Kita harus paham dan memaklumi perasaan masyarakat yang sudah tidak hirau dengan kondisi yang sudah berlarut-larut ini,”ucapnya.

Sebagai Pjs. Bupati Tanah Datar yang dipercayakan Gubernur kepada dirinya, Ia langsung melakukan koordinasi dengan Forkopimda terkait penanganan dan persoalan pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi kasus positif terpapar.

“Kami langsung mengadakan pertemuan dengan Forkopimda, dan menemui beberapa persoalan yang dihadapi seperti keterbatasan logistik, minimmya APD terutama APD level tiga, hand sanitizer, dan segala macamnya. Untuk itu langsung kita lakukan penanganan awal dengan memesan APD dan sudah kita terima beberapa waktu lalu yang dikirim dengan helikopter,” terang Erman.

Terkait sampah pasar di Padang Ganting, Pjs Bupati minta Dinas Perkim LH untuk segera menyelesaikannya. “Usahakan sebelum pilkada nanti urusan sampah ini sudah teratasi. Selain itu kepada nagari-nagari kita juga imbau untuk melakukan penanganan sampah di nagari masing-masing dengan memanfaatkan dana desa,” tutupnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional