Close

Pasar Lubukbuaya Dibangun 2 Lantai, Akomodir Pedagang yang masih Jualan di Tempat Sementara

PEMASANGAN PONDASI— Puluhan pekerja memasang rangka dan pondasi konstruksi bangunan Pasar Lubukbuaya arah selatan. Bangunan yang sedang dikerjakan tersebut persis berada di samping kiri bangunan pasar yang lama. 

LUBUK BUAYA, METRO–Pembangunan gedung pasar Lubuk Buaya arah selatan sudah dimulai. Gedung pasar berlantai dua tersebut nantinya diperuntukkan bagi pedagang yang belum memiliki tempat berjualan tetap dan tempat bongkar muat barang pedagang.

Puluhan pekerja terlihat sedang memasang rangka dan pondasi konstruksi bangunan Pasar Lubuk­buaya arah selatan. Bangu­nan yang sedang dikerja­kan tersebut persis berada di samping kiri bangunan pasar yang lama.

Kepala Dinas Perda­gangan (Disdag) Kota Pa­dang, Andree Algamar me­ngatakan, pekerjaan pembangunannya sudah MoU dengan Kejari Padang melalui Bidang Datun, un­tuk pendampingan peker­jaan.

Kata Andree lagi, MoU ini dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan da­lam proses pembangunan, serta tidak ditemui perma­salahan di kemudian hari. Dalam artian, Kejari Pa­dang ikut mengawasi pro­ses pem­bangunannya.

Untuk pengerjaan pem­­bangunan gedung Pa­sar Lubukbuaya arah sela­tan itu, telah dimulai pada satu minggu yang lalu. “Jadi sebelum mulai diker­jakan pada satu minggu yang lalu, proses tender telah dilakukan untuk me­nen­tukan pihak ketiga yang mengerjakan proyek pem­bangunan gedung pasar ini,” katanya, Rabu (4/8).

Ia menambahkan, saat ini pekerja sedang mem­bangun pondasi dan rang­ka konstruksi gedung ber­lantai dua tersebut. Angga­ran pembangunan gedung pasar baru itu bera­sal dari Anggaran Penda­pa­tan Be­lanja Daerah (APBD) Kota Padang tahun 2021.

“Jadi dana pem­bangu­nan berasal dari APBD ta­hun 2021 dimana proyek pem­bangunan pasar Lu­buk­buaya arah selatan ini menghabiskan anggaran sebesar Rp9.236.436.867,” jelas Andree.

Penyelesaian pem­bangu­nan gedung Pasar Lubukbuaya arah selatan tersebut sesuai dengan rencana ditargetkan sela­ma 180 hari kalender de­ngan konsultan perencana yakni CV Total Citra Consultant dan konsultan pe­nga­was yakni CV Mitra Sakinah Consultant.

Andree meng­ung­kap­kan, pembangunan Pasar Lubukbuaya arah selatan tersebut bertujuan untuk mengakomodasi para pe­da­gang yang berjualan di Pasar Lubukbuaya yang saat ini berjualan di tempat sementara.

Pembangunan gedung Pasar Lubuk Buaya arah selatan direncanakan me­miliki lantai dua dimana ma­sing-masing lantai ba­ngu­nan telah ditentukan fungsi dan penggu­naan­nya.

“Lantai dua diren­cana­kan untuk tempat bongkar muat barang dagangan. Sementara untuk lantai 1 itu diperuntukkan bagi para pedagang harian yang saat ini berjualan di tempat sementara,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk jumlah pedagang dan kios yang akan di­bangun di lantai 1 ter­sebut, Andree menye­but­kan, pi­hak­nya saat ini ma­sih da­lam tahap penda­taan se­hingga untuk data pasti masih belum dida­patkan.

Andree me­nam­bah­kan, diharapkan de­ngan sedang dibangunnya Pasar Lubukbuaya arah selatan bisa memaksimalkan akti­vitas jual beli di salah satu pasar tradisional di Kota Padang tersebut. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top