Menu

Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar, Andre Rosiade Cari Solusi Bersama Dua Menteri

  Dibaca : 94 kali
Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar, Andre Rosiade Cari Solusi Bersama Dua Menteri
Andre Rosiade.

ADINEGORO, METRO–Kebakaran hebat terjadi di Pasar Bawah Bukittinggi, Sumbar, Sabtu (11/9) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. Kebakaran di  pasar tradisional yang terletak di Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah, Kecamatan Guguak Panjang tersebut menghanguskan tiga los, yakni los ayam, los maco (ikan asin) dan los ka­ram­bia (kelapa).

Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar Andre Ro­sia­de pun tak tinggal diam dengan kodisi ini. Ketua DPD Partai Gerindra Sum­bar itu langsung menghu­bungi dua Menteri RI. Per­tama, Menteri Pekerjana Umum dan Perumahan Rak­yat (PUPR) Basuki Hadi­muljono dan Menteri Per­da­gangan Muhamamd Lutfi.

Andre mengatakan, pa­da Sabtu pagi dia ditelepon Wali Kota Bukittinggi Er­man Safar terkait keba­karan yang diperkirakan menghanguskan sekitar 400 kios dan los itu. Erman meminta Andre meng­hu­bungi Mendag dan Men­teri PU PR terkait pem­bangu­nan kembali Pasar Bawah pascakebakaran.

Andre pun meng­hu­bungi Menteri PUPR RI Ba­suki yang menyatakan siap membantu Pemko Bu­kit­tinggi membangun kem­bali Pasar Bawah Bukitit­tinggi. “Kami diminta mem­­bawa Pak Wali Kota Bu­­kit­tingi bertemu Pak Men­teri PUPR  untuk mem­bahas pem­ba­ngu­nan kem­bali Pasar Ba­wah ini. Men­carikan solusi agar peda­gang kembali bisa ber­jualan seperti biasa, atau lebih baik,” kata Andre Rosiade.

Dari diskusi itu, kata Andre, terungkap saat ini dengan keterbatasan dana akibat refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19, usulan pembangunan pa­sar yang banyak di seluruh Indonesia, terpaksa dian­tre satu-satu. Termasuk dua usulan pembangunan pasar di Sumbar yaitu Kota Padang dan Bukitinggi.

“Karena Bukittinggi ba­ru mendapatkan anggaran un­tuk pembangunan Pasar Atas, maka Kemendag men­dahulukan pem­ba­ngu­nan Pasar Fase VII Pasar Raya Padang. Selanjutnya baru dibangun Pasar Ba­wah. Kita lihat saja hasil per­temuan nanti, apa yang akan ditawarkan oleh pe­me­rintah pusat terkait Pa­sar Bawah yang baru ter­ba­kar,” kata Andre.

Terkait ratusan peda­gang yang kehilangan tem­pat berjualannya, Andre meminta Wali Kota Bukit­tinggi yang juga Ketua DPC Gerindra Bukittinggi se­gera ambil tindakan ter­baik. “Harus dicarikan solu­si­nya, memastikan para pedagang kembali bisa bangkit dan berjualan. Ten­tu juga bisa dicarikan lokasi sementara atau penam­pungan terlebih dahulu,” katanya.

Kata Andre,  pada 5 April 2021 lalu Mendag M Lutfi sudah mengunjungi Pasar Bawah untuk menge­cek kon­­disi pasar yang diusulkan Pemko Bukitinggi untuk dire­habilitasi. “Se­mua sudah dibahas dan dipersiapkan dan akan di­per­baiki. Tapi hari ini kita se­mua men­da­pat­kan ka­bar duka, ke­ba­karan terjadi,” kata ketua ha­rian DPP Ika­tan Keluarga Minang (IKM) ini.

Hasil pembicaran de­ngan Mendag, kata Andre, Wako Bukittinggi Erman Safar diminta bertemu pe­kan depan. Tentunya untuk mencarikan jalan keluar, agar Pasar Bawah Bukit­tinggi bisa ditangani se­gera. “Kami diminta me­nyam­­paikan agar Wako Bu­­kit­tinggi ke Jakarta ber­te­mu Mendag segera,” kata ang­gota dewan Pem­bina DPP Partai Gerindra ini. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional