Menu

Pasar Baruah Gunuang Kabupaten Lima Puluh Ko­ta Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar

  Dibaca : 181 kali
Pasar Baruah Gunuang Kabupaten Lima Puluh Ko­ta Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar
KEBAKARAN— Kondisi Pasar Baruah Gunuang setelah mengalami kebakaran pada Sabtu dini hari (12/6).

LIMAPULUH KOTA, METRO–Pasar Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Ko­ta dilanda kebakaran he­bat, Sabtu dini hari (12/6) sekitar pukul 03.30 WIB. Akibatnya, enam bangu­nan pasar berikut dengan barang dagangan ludes dilahap si jago merah dan ditaksir kerugian mencapai Rp 1 miliar.

Kapolsek Suliki Iptu Ri­ka Susanto menyebutkan, dari keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian, api ber­asal dari salah satu ba­ngunan yang ada di pasar tersebut. Pascakejadian, pihaknya sudah mema­sang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan.

“Sumber api masih d­a­lam penyelidikan kami. Keterangan saksi semen­tara, api berasal dari salah satu bangunan yang ada di kawasan pasar ini. Korban jiwa tidak ada, tapi me­nimbulkan kerugian ma­teri,” kata Iptu Rika Su­santo, Minggu (13/6).

Sementara Itu, Kepala Dinas  Pemadam Keba­karan Kabupaten Lima Pu­luh Kota, Alfian, melalui Sekretaris Syukri Anda, mengatakan, kebakaran yang terjadi di pasar Ba­ruah Gunung di tindak lan­juti oleh  Posko Damkar Kecamatan Suliki, Mungka dan Posko Induk di Kota Payakumbuh.

“Dengan kondisi ge­ografis, lebih kurang 20 menit, empat unit mobil pemadam kebakaran sam­pai di lokasi kebakaran. Untuk memadamkan api, kurang 1,5 jam petugas ber­jibaku,” kata Syukri Anda.

Untuk taksiran keru­gian sementara kebakaran pasar Baruah Gunuang mencapai Rp 1 Miliar. Be­runtung tidak ada korban jiwa akibat kejadian yang sempat membuat panik warga sekitar kawasan pasar tersebut.

“Melihat kondisi ge­ografis demikian, ke depan perlu adanya Pos Pema­dam Kebakaran di Keca­matan Bukit Barisan untuk mengantisipasi dan me­nanggulagi sejak dini keja­dian kebakaran.  Kondisi georafis yang membuat keterlambatan penanggu­langan dan pencegahan kebakaran,” tuturnya.

Bupati Minta Lakukan Pendataan Kerugian

Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan, seluruh bentuk kerugian materil akibat bencana kebakaran yang terjadi di pasar Ba­ruah Gunuang, akan didata oleh dinas terkait di  Peme­rintah Kabupaten Lima Puluh Kota. Setiap bencana yang terjadi pemerintah daerah berkewajiban mem­berikan perlindungan masyarakat dari dampak bencana tersebut.

“Kita perintahkan dinas terkait untuk mendata dam­pak bencana keba­karan ini. Data kerugian akibat ben­cana kebakaran sangat penting sebagai langkah-langkah perbaikan yang akan dilakukan. Untuk pe­nyelidikan kita serahkan kepada pihak kepolisian,” kata Bupati ketika meninjau langsung kejadian keba­karan pasar Baruah Gu­nuang.

Sementara, pasca­keba­karan, masyarakat Baruah Gunuang masih mela­ku­kan perbersihan sisa-sisa bangunan dan barang yang terbakar. Terlihat, bangunan yang sebelum­nya berdiri kokoh, kini ha­nya tinggal arang. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional