Close

Pasangan yang Kompak Jalankan Visi dan Misi, Bangun Pasar Basar Butuh Dukungan Semua Pihak

SAKSIKAN—Walikota Genius Umar saksikan kadis DPMD tanam pohon di pantai.

Laporan :Efanurza Kota Pariaman

Pasangan Walikota Pariaman H Genius Umar bersama Wakilnya, Mardison Mahyuddin komitmen dalam memajukan wisata daerahnya. Langkah de­mikian dilakukan pasangan kepala daerah tersebut dalam pencapaian visi dan misi sebagai kota tujuan wisata dan perdangan.

Atas dasar itulah, kemarin, Walikota Pariaman, Genius Umar melakukan penanaman pohon sebagai penguat vegetasi pantai di Pantai Belibis, Desa Padang Birik-Birik, Kecamatan Pariaman Utara. Kali ini  sebanyak 3.126 pohon yang ditanam, dengan rincian 1.563 pohon di Desa Padang Birik-Birik dan 1.563 pohon lagi berada di Desa Manggung.

“Hari ini kita menanam pohon untuk vegetasi pantai, dimana sebanyak 1.563 pohon dita­nam di sekitar pantai belibis ini, yang terdiri dari 50 pohon ketapang kencana, 500 pohon pinago, sisanya sebanyak 1.013 pohon cemara laut, dengan luas mencapai 2,5 hektar, yang kita tanam di sepanjang pantai,” kata Genius Umar, kemarin.

Genius mengatakan bahwa Penanaman vegetasi pantai ini, merupakan bantuan dari Ditjen (Direktorat Jenderal) PRL (Pe­ngelolaan Ruang Laut) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, untuk kelompok ma­syarakat, dimana untuk Kota Pariaman, ada 2 Kelompok ma­syarakat yang menerima bantuan ini.

“Kelompok pertama adalah kelompok Maswas Rancak Basamo Lestari, yang berada di Desa Padang Birik-Birik ini, yang dike­tuai Adryan Edwar, dan Kelompok Kedua adalah Kelompok Nelayan Pasia Maelo, yang bertempat di Manggung, yang diketui oleh Alijasril,” ujarnya.

Genius Umar menuturkan untuk di Desa Manggung, juga menerima sebanyak 1.563 pohon, dengan rincian 50 pohon kelapa, sisanya 1.513 pohon cemara laut, dengan luas yang sama juga sebesar 2,5, hektar, yang dita­nam di sepanjang pantai.

“Bantuan vegetasi pantai ini, semuanya menggunakan dana APBN KKP RI, merupakan hasil audiensi kita beberapa waktu lalu ke KKP,  selain vegetasi pantai ini yang dilengkapi dengan jaring pelindung, agar tidak dimakan ternak dan juga ditambah de­ngan mesin dan sumur untuk airnya nanti,” ungkapnya.

Genius juga menjelaskan pantai yang dipilih adalah pantai yang masih belum ada pohonya, yaitu di Desa Manggung sampai Desa Padang Birik-Birik, dan di­sekitar penanaman pohon ini, juga akan kita lanjutkan pemba­ngunan ruas jalan baru, yang mendukung konsep pariwisata. “Dengan adanya pepohonan ini, kita akan menerapakan konsep pariwisata yang green tourism, sehingga para pengunjung dan wisatawan akan semakin betah nanti berwisata di kawasan yang baru ini,” ujarnya.

Genius Umar mengucapkan terimakasih kepada Ditjen PRL KKP RI atas bantuan yang diberikan, yang akan sangat memberikan manfaat bagi Kota Pariaman, dan juga dirinya berpesan, agar pohon yang ditanam ini, untuk dirawat dengan baik secara bersama, bukan hanya ke­lompok penerima saja, tetapi juga masyarakat sekitar, dan kepada Kepala Desa, agar dapat selalu meninjau perkembangan pertumbuhan pohon ini nantinya.

Terpisah, dua Kementerian melaksanakan survey lokasi pembangunan pasar basah Kota Pariaman, nanti pasar tersebut terhubung dengan Pasar Pariaman sekarang.

“Hari ini, saya menerima kunjungan 2 Kementerian, yaitu Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR, dalam rangka melaporkan hasil survey lapa­ngan untuk pembangunan Pasar Basah Kota Pariaman,” ujar Genius Umar.

Kementerian Perdagangan dihadiri oleh Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik, Kementerian Perdagangan RI, Iq­bal S Shofwan bersama jajaran dan Kementerian PUPR, diwakili oleh Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Pemukiman, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar (BPPWS), Kementerian PUPR RI, Rocky Adam dan jajaranya.

Survey lapangan ini didam­pingi oleh Sekretaris Daerah, Ypta Balad, Asisten I, Yaminurizal, Kepala Bappeda, Fadli dan Kadis Perindagkop & UKM (Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah), Alyendra beserta jajaranya, untuk  melihat secara langsung lokasi dimana Pasar Basah Kota Pariaman ini akan dibangun. “Untuk lokasi Pasar Basah ini, kita rencanakan dilokasi disekitar pasar ikan yang ada saat ini, dimana nantinya Pasar Basah ini akan dihubungkan dengan jembatan skybridge antara Pasar Pariaman dan Pasar Basah,” ungkapnya.

Genius juga meminta duku­ngan dari semua pihak, agar Proposal Pembanguanan Pasar Basah Kota Pariaman ini, dapat diakomodir oleh Pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR serta Kementerian Perdagangan, sehingga dapat segera kita lakukan pembangunanya. “Doakan semua berjalan lancar, sehingga pembangunan Pasar Basah Pariaman ini dapat segera kita bangun, sehingga kedepan, ekonomi Kota Pariaman dapat terus menggeliat, yang berimbas pada laju pertumbuhan ekonomi kita terus naik, dan masyarakat semakin sejahtera,” tandasnya mengakhiri.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top