Close

Pasangan Pemulung di Kota Padang Terima Bantuan dari Andre Rosiade

SERAHKAN BANTUAN— Pengurus DPD Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Anggota DPR RI Andre Rosiade kepada Suratno dan istri di Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Kototangah.

TABING, METRO–Setiap harinya Suratno (50) harus berkeliling Kota Padang dengan becak motornya yang mulai reot. Dia mengumpulkan aneka barang bekas, terutama plastik minuman baik botol ataupun gelas. Dari situlah dia mengum­pulkan pundi rupiah untuk hidup bersama Syafrina (48) di rumah sederhana mereka di Pasir Paru­puk, RT 5 RW 17, Parupuk Tabing, Kototangah.

Rumah yang berada di pinggir sungai itu memang sudah tak layak lagi. Dindingnya hanya terbuat dari triplek, besi-besi bekas, kardus dan aneka barang bekas lainnya. Lan­tainya juga tanah dan sedikit yang disemen. Dua anak perempuan mereka sudah tinggal bersama suaminya masing-masing di Pa­dang dan Dharmasraya.

Suratno yang asli Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) dan istrinya dari Padang Sarai Padang menye­butkan, untuk mengumpulkan Rp50 ribu sehari saja dia sangat susah. Meski berkeliling cukup lama, tak seberapa yang bisa dikumpulkannya. “Untuk dapat Rp50 ribu bisa 3-4 hari dikumpulkan dulu di rumah. Setelah cukup b­a­nyak baru dijual ke penge­pul,” kata Suranto saat dida­tangi pengurus DPD Ge­rindra Sumbar ke rumahnya.

Untuk satu kilogram plastik bekas minuman gelas Suratno bisa menjual Rp7 ribu. Sementara yang botol hanya Rp3 sampai 3,5 ribu saja. “Harga naik-turun pak. Karena itu kami ber­dua juga mengolah limbah plastik jadi alat-alat rumah tangga dan juga hiasan. Sekarang pun sudah tak seperti awal-awal dulu, peminatnya sedikit. Mung­kin karena pandemi,” kata Suratno.

Syafrina menambah­kan, mereka juga mela­kukan pembibitan buah dan bunga di sekeliling rumah untuk menambah pemasukan. Tapi, itupun kadang laku kadang tidak. “Kami tinggal berdua saja sekarang, karena anak-anak juga sedang berjuang untuk hidup mereka,” kata Syafrina yang menerima bantuan sembako dan uang tunai dari Anggota DPR RI Andre Rosiade.

Bantuan diantarkan Wa­kil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Zulkifli (wakil bendahara) dan Rina Shintya (wakil bendahara). “Kami dapat info, kalau Pak Suratno mendapatkan ban­tuan bedah rumah dari aspirasi Andre Rosiade. Namun untuk biaya sehari-hari mereka kekurangan. Makanya kami kirimkan juga bantuan dari pak An­dre ini,” kata Sekretaris PD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar ini.

Syafrina sangat berte­rima kasih atas bantuan dari Andre Rosiade yang seperti tak putus-putus kepadanya. “Alhamdulillah, bantuan sudah kami terima pak Andre Rosiade. Baik itu bedah rumah dan sem­bako. Semoga pak Andre dan keluarga sehat selalu dan sukses,” kata Syafrina.

 Andre Rosiade yang juga ketua DPD Gerindra Sumbar mengaku senang bisa membantu keluarga Suratno yang begitu se­mangat berjuang untuk kehidupan yang lebih baik. “Kami dengar pak Suratno sendiri yang kerja bersama tukang di rumahnya. Se­mo­ga cepat selesai. Ini tam­bahan bantuan dari ka­ mi sedikit lagi,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top