Close

Pasangan Gema Semakin Tancapkan Visi dan Misi, Objek Wisata Ramai, PAD Bertambah Demi Kemajuan Daerah

PERMAINAN— Pantai Gandoriah dimeriahkan dengan berbagai jenis permainan.

Laporan: Efanurza Kota Pariaman 

Pasangan Walikota Pariaman H Genius Umar bersama Wakilnya, Mardison Mah­yuddin pada lebaran kali ini semakin menancapkan visi dan misinya dalam menjadikan dae­rahnya sebagai tujuan wisata. Dengan berkembang wisata otomatis ekonomi masyaraktnya juga meningkat. Kenapa tidak lihat saja di lebaran 1443 Hitjriah tahun 2022 ini objek wisata pantai dan pulau sangat ramai dkunjungi wisatwan, baik dalam maupun luar Kota Pariaman. Tak pelak lagi kondisi demikian membuat penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pariaman.

Lihat saja pada masa leburan lebaran kali tingkat pengunjung membludak dari berberapa titik objek wisata pantai yang disediakan pemko Pariaman. Semua itu tidak lepas dari ta­ngan dingin Walikota Pariaman Genius Umar bersama jajaran dalam meraciknya.  Meski demikian untuk memastikan kenyamanan para wisatawan di destinasi wisata ramai dkunjungi, kemarin,  Walikota Pariaman, Genius Umar meninjau dan memantau langsung wi­satawan yang berlibur di pusat destinasi wisata Kota Pariaman, seperti Pantai Gandoriah. “Saya memantau langsung kunjungan wisawatan di Pantai Gandoriah ini, dan ada bebe­rapa titik yang kurang rapi, tadi langsung kita rapikan, dan bersihkan, sehingga para pengunjung akan merasa nyaman berwisata di Pantai Gandoriah ini,” ujar Genius Umar.

Genius mengatakan bahwa, Pantai Gandoriah di Kota Pariaman ini, memang menjadi primadona bagi pengunjung atau wisatawan yang menikmati liburnya dengan berwisata kesini, dan ini dibuktikan de­ngan selama penyelenggaraan Festival Pantai Kota Pariaman 2022.

Kenapa tidak jelasnya,lihat saja jumlah pengunjungnya mencapai 20.129 orang, de­ngan jumlah Retribusi sebesar Rp. 100.645.000, dari Rp. 203.510.000, rupiah PAD yang diraup oleh Kota Pariaman “Untuk itu, saya menginstruksikan seluruh stakeholder terkait, mulai dari Dinas Pariwisata dengan TIC (Tourism Information Center) nya, Dinas Kesehatan terkait pelayanan kesehatan, Pol Pelayanan dari unsur Polri dan TNI, juga pengamanan oleh Polisi Pamong Praja (Pol PP), serta pengaturan lalu lintas dari Dinas Perhubungan, untuk memberikan pelayanan maksimal bagi wisawatan,” ung­kapnya.

Genius juga tidak segan-segan turun ke lapangan bersama dengan Pol PP dan masyarakat untuk membersihkan atau menebang pohon yang menggangu atau tidak rapi yang berada di kawasan Pantai Gandoriah. “Saya juga mengajak kepada para pedagang, masyarakat dan wisawatan, untuk dapat menjaga kebersihan di lokasi wisata, karena apabila destinasi wisata tidak bersih, maka orang akan enggan untuk datang, juga dapat membuang sampah di tempat yang telah disediakan serta menjaga kenyamanan dan ketertiban,” ungkapnya.

Lebih lanjut Genius menuturkan, dengan semakin ba­nyaknya orang bekunjung ke Kota Pariaman, maka perekonomian kita akan semakin kuat, dan masyarakatnyapun akan semakin sejahtera, yang berimbas akan semakin majunya Kota Pariaman nantinya.  “KIta juga menyajikan  berbagai pertunjukan bakat dan seni yang ditampilkan oleh sekolah-se­kolah yang ada di Kota Pariaman dengan bekerja sama dengan Disdikpora Kota Pariaman,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalui Kasubid. Kebudayaan, Nurafni Fuady, mengatakan ada 26 sekolah yang ada di Kota Pariaman yang telah dijadwalkan untuk mengisi kegiatan di panggung pariwisata Pantai Gandoriah dalam Festival Pantai Pariaman 2022. “Untuk Festival Pantai Pariaman 2022 di panggung seni ini sendiri dalam jadwal diadakan dari tanggal 3 Mei – 15 Mei 2022, dengan menampilkan seluruh kreasi seni dari siswa-siswi SMP dan SMA/SMK yang ada di Kota Pariaman, sedangkan untuk tingkat SD utusannya merupakan perwakilan dari kecamatan yang ada, dengan musik yang kita sediakan melalui Disparbud,” ujar Nurafni.

KemudianKepala Sekolah SMA 1 Pariaman, Elfi Junaida, menuturkan, ia sengaja menampilkan bakat seni dan kreasi siswa-siswinya dalam memeriahkan Festival Pantai Pariaman 2022 itu agar menimbulkan daya tarik bagi orang tua dan murid-murid untuk melanjutkan studi bersekolah di SMA 1 Pariaman. “Adapun pertunjukan  yang kita tampilkan dari siswa-siswi yakni tari tradisional, Gandang Tambua Tasa, Tari Kreasi, lagu solo dan Puisi yang kesemuanya tersebut di fasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, dan alhamdulillah para penonton juga antusias saat menyaksikan pertunjukan yang kita tampilkan tadi,” ujar Elfi Junaida. Para siswa-siswi yang tampil ini merupakan hasil dari kegiatan ekstra kurikuler yang kita laksanakan diluar jam sekolah di SMA 1 Pariaman. Atas nama SMA 1 Pariaman, Elfi Junaida, sampaikan terima kasih kepada Pemko Pariaman dibawah kepemimpinan Walikota Pariaman Genius Umar dan Wawako Mardison Mahyuddin yang sangat peduli terhadap per­kembangan pendidikan dan seni. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top