Menu

Pasangan Bupati Hendrajoni – Rusmayul Anwar, Persembahkan Pembangunan Infrastruktur untuk Masyarakat

  Dibaca : 129 kali
Pasangan Bupati Hendrajoni – Rusmayul Anwar, Persembahkan Pembangunan Infrastruktur untuk Masyarakat
Masjid Terapung (Samudra Ilahi) di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan.

BUPATI Pesisir Selatan Hendrajoni bersama Wakil Bupati Pesisir Selatan Rusmayul Anwar sebentar lagi memasuki akhir masa jabatan sebagai kepala daerah di Ranah Pasisie. Berbagai kebijakan strategis telah dilaksanakan, baik fisik maupun non fisik. Yang bertujuan untuk kemajuan di kabupaten sejuta pesona, Pesisir Selatan. Dan untuk kepentingan masyarakat Pesisir Selatan.

Sebagaimana, diketahui Kabupaten Pesisir Selatan memiliki geografis wilayah cukup memanjang, dengan 182 nagari dan 15 kecamatan. Mulai dari Kecamatan Koto XI Tarusan hingga Kecamatan Lunang. Selain itu sumber daya alam (SDM) di sektor Pariwisata, di mana menjadikan Pesisir Selatan menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan.

Langkah strategis melalui program priototas, sesuai RPJMD dilakukan Pemkab Pesisir Selatan, di bawah kendali Bupati Pessel Hendrajoni – Wabub Rusmayul Anwar. Beberapa kebijakan strategis diambil Pemkab Pessel selama lima tahun ini, tidak lain dan tidak bukan semuanya dipersembahkan untuk masyarakat Pesisir Selatan.

Sesuai data yang ada dari bagian Humas Setkab Pessel, beberapa pembangunan fisik penunjang dan pendukung kegiatan perkantoran, kesehatan, umum, agama dan masyarakat telah dilaksanakan, sesuai dengan program yang ada.

Beberapa pembangunan, yaitu pembangunan masjid terapung di kawasan obyek wisata pantai Carocok Painan dilakukan Desember 2019 dengan menelan anggaran Rp 27,5 miliar (APBD). menggunakan sistem jamak 2019 -2020. Sarana ibadah ini melengkapi sarana dan prasarana sector pariwisata di Pantai Carocok Painan Pessel.

Luas lahan pembangunan masjid 1.795 m2. Fasilitas yang dibangun di lahan seluas itu antara lain, bangunan inti yakni tempat sholat dengan kapasitas 300 jamaah, selasar dan 2 menara setinggi 32 meter dan taman.

Membantu mempermudah dan menjawab keluhan dari masyarakat berada di bagian selatan Pesisir Selatan, Pemkab Pessel pada tahun 2019 telah menganggarkan dana Rp 11,9 miliar dari APBD Kabupaten Pessel, untuk pembangunan kantor perwakilan Pemkab Pessel di Tapan. Gedung perwakilan tersebut, dibangun 2 lantai yang dilengkapi dengan ruangan pelayanan publik dan rapat pimpinan.

Tahun 2020, Pemkab Pessel melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus), mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 10 miliar dipergunakan untuk pembangunan gedung baru Dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ( Diskerpus).

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meresmikan secara langsung pemakaian duplikasi jembatan Salido Kecamatan IV Jurai, Senin (3/2/2020). Bukan itu saja, juga melaksanakan pembangunan peningkatan jalan dua jalur Sago – Painan sepanjang lebih kurang 5,4 Km Pembangunan jalan dua jalur Sago-Painan dengan sumber dana berasal dari APBN sebesar Rp58 miliar.

Selain itu juga, Pemkab Pessel melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Pessel menggunakan Dana Alokasi Khusus ( DAK) tahun Rp 6 miliar, melaksanakan kegiatan pembangunan Pukesmas Kayu Gadang, Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Pembangunan telah dilakukan Pemkab Pessel selama kepimpinan Bupati Pessel Hendrajoni – Wabup Rusmayul Anwar selama lima tahun ini kesemuanya dipersembahkan untuk masyarakat Pesisir Selatan. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional