Close

Pasaman Studi Tiru ke Dukcapil Nagita

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman, kemarin, dikunjungi , dikunjungi perangkat dan Bamus Nagari Koto Baru Kadisdukcapil Presentasikan Peran Nagari Dalam Pelayanan Publik Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

PADANGPARIAMAN, METRO–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang­pariaman, kemarin, dikunjungi , dikunjungi perangkat dan Bamus Nagari Koto Baru Kadisdukcapil Presen­tasikan Peran Nagari Dalam Pelayanan Publik Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Kegiatan tersebut dipimpin Pj. Wali Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Martias dengan 30 orang peserta studi tiru dari Pasaman Barat mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padangpariaman.

Rombongan studi tiru tersebut, terdiri dari perangkat nagari, anggota Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari serta Kepala Jorong dan Perangkat Nagari Persiapan di Daerah itu. Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly didampingi Sekretaris dan para Kabid, berkesempatan menerima rombongan studi tiru tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Walinagari Koto Baru Martias menyampaikan maksud kedatangan rombongan ke Dinas Dukcapil Padangpariaman.

“Kami mendengar banyak testimoni masyarakat, tentang berbagai kemudahan pelayanan kependu­dukan di Kabupaten Padangpariaman, khususnya pada inovasi Nagari Go Digital (Nagita). Oleh karena itu, kami membawa pemangku kepentingan di Nagari untuk mendapatkan gambaran tentang hal tersebut. InsyaAllah nanti akan diterapkan di Nagari kami,” jelas Martias.

Selain itu, Martias juga menyampaikan adanya keinginan untuk memiliki Anjungan Dukcapil Mandiri serta menata pelayanan di Nagari sebagaimana telah dilakukan di Kabupaten Padangpariaman. “Kami datang dengan semua anggota Bamus, mudah-mudahan apa yang ada disini dapat memberikan gambaran kepada Bamus Nagari Koto Baru untuk perencanaan pembangunan di tahun depan,” lanjut Martias.

Kadisdukcapil Padangpariaman Muhammad Fadhly menyampaikan materi tantang peran Nagari bersama Bamus Nagari dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Nagari.  “Pemerintah Nagari bersama Bamus Nagari memegang peranan penting dalam kemajuan pelayanan publik di Nagari. Kemana Nagari akan dibawa, sangat bergantung terhadap kebijakan dan program yang dilakukan oleh pemerintah Nagari bersama Bamus. Oleh sebab itu, perlu saling men­dukung dan mencari solusi yang tepat terhadap permasalahan-permasalahan di Nagari,” jelas Fadhly.

Dikatakan, bahwa pelayanan administrasi seperti administrasi kependudukan adalah pelayanan yang dinikmati masyarakat di kantor Wali Nagari. Pro­gramnya tidak dalam bentuk fisik, tetapi hasil pelayanannya dapat menyentuh perasaan masya­rakat. Layanannya berhubungan dengan layanan lain, seperti BPJS, BPNT, PKH dan sebagainya. Oleh sebab itu, harus ditata dengan baik. Berikan kemudahan dan fasilitas yang nyaman bagi masyarakat.

Menurut Fadhly, sudah seharusnya wajah pela­yanan publik mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke Nagari, dibenahi sesuai dengan aspek-aspek pela­yanan publik. Sarana prasarana teknologi, fasilitas layanan, ruang tunggu yang nyaman, sumber daya manusia yang santun dan sebagainya. Semuanya butuh dukungan dari dana Nagari.  (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top