Menu

Partisipasi Pemilih 51 Persen, Mahyeldi-Audy Menang Telak

  Dibaca : 155 kali
Partisipasi Pemilih 51 Persen, Mahyeldi-Audy Menang Telak
RAPAT PLENO— KPU melakukan rapat pleno Rekapitulasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di tingkat Kota Payakumbuh, kemarin.

KUBUGADANG, METRO
Perolehan suara Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat nomor urut 4, Mahyeldi-Audy Joinaldi unggul disemua kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh dalam Pilkada tahun 2020 yang digelar 9 Desember lalu.

Pasangan yang diusung PKS dan PPP itu berhasil meraih suara sah 22.003 suara dari 246 TPS yang ada di 47 Kelurahan di Kota Randang. Sementara diurutan kedua, Paslon Mulyadi-Ali Mukni berhasil memperoleh suara 12.892 suara, dan disusul perolehan suara Pasangan Calon nomor urut 2, Nasrul Abit dengan total suara sah 8.979, sementara di posisi buncit Mantan Kapolda Sumbar, Fakhrizal-Genius Umar meraih 3.543 suara.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kota Payakumbuh, Heidi Mursal sehari setelah digelarnya Rapat Pleno Penghitungan Suara Pilgub Sumbar di Kota Payakumbuh. Sementara terkait partisipasi pemilih hanya mencapai angka 51 persen.

“Iya, dari hasil yang telah kita tetapkan tadi malam Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Audy Joinaldi dengan nomor urut 4, berhasil unggul dibandingkan tiga Paslon lainnya. Pasangan tersebut Mahyeldi-Audy memperoleh total suara sah mencapai 22.003,” sebut Heidi Mursal, Rabu (16/12) kepada wartawan.

Ketua KPU juga menambahkan, Paslon Mahyeldi-Audy berhasil unggul dilima Kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh. Sementara jumlah suara tidak sah mencapai angak 971 surat suara dan total suarasah dan tidak sah memcapai 48.388 suara. Semua pasangan calon (paslon) melalui keempat saksi yang hadir juga telah menerima dan menandatangani hasil Rekapitulasi yang telah ditetapkan ditingkat Kota Payakumbuh tersebut.

Pasca Penetapan hasil Rekapitulasi tingkat Kota Payakumbuh itu, KPU juga telah langsung mengirimkan hasil tersebut ke KPU Provinsi Sumatera Barat dibawah pengawal petugas Kepolisian. Sementara terkait Rendahnya partisipasi pemilih yang hanya mencapai angka 51 persen menurut Heidi Mursal karena pengaruh Covid-19 dan kurangnya kedekatan Paslon dengan masyarakat Payakumbuh.

“Rendahnya pastisipasi pemilih tidak terlepas dari situasi pandemi Covid-19 saat ini, termasuk kedekatan Paslon dengan masyarakat yang kita nilai masih kurang,” ucapnya.

Sementara Kakan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh, Budhy Permana menyebut bahwa Pilkada 2020 di daerah itu berjalan aman, lancar, tertib, kondusif serta telah sesuai dengan Protokol Kesehatan.

“Alhamdulillah pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada di Kota Payakumbuh berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif, dan yang terpenting sesuai dengan Protokol Kesehatan,” ucapnya, Selasa (15/12).

Menurut Budhy hal tersebut diketahui dari hasil monitoring yang dilakukan pihaknya selama pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2020 untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

“Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, semua harapan kami untuk jalannya Pilkada yang aman, lancar, tertib dan kondusif tercapai,” sebutnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional