Menu

Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019, Belanja Daerah 2019 Terealisasi Rp 1,5 T

  Dibaca : 179 kali
Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019, Belanja Daerah 2019 Terealisasi Rp 1,5 T
PARIPURNA—DPRD Agam rapat paripurna penyampaian Nota Pengantar Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran APBD tahun 2019.peri/posmetro

AGAM, METRO
DPRD Kabupaten Agam menggelar rapat paripurna penyampaian Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Agam Novi Irwan didampingi Wakil Ketua Irfan Amran. Rapat itu juga dihadiri Bupati Agam Indra Catri, Wakil Bupati Trinda Farhan Satria, Sekda Agam Martias Wanto, Forkopimda, anggota dewan, dan Kepala OPD.

Dalam penyampaian nota tersebut, Bupati Agam mengatakan, ranperda tersebut disampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2019 yang memuat laporan atas target dan realisasi pendapatan, realisasi belanja, serta penerimaan dan pengeluaran biaya.

Pedapatan daerah tahun 2019 dapat direalisasikan sebesar 99,30 persen dari target Rp 1,5 triliun lebih yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pendapatan Transfer, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. “Terkait dengan belanja daerah, selama tahun 2019 kita telah merealisasikan sebesar Rp 1,5 triliun lebih atau 95,16 persen yang dikelompokkan kepada belanja dan transfer,” kata Indra.

Dikatakannya, belanja yang meliputi belanja operasi, belanja modal dan belanja takterduga telah direalisasikan sebesar Rp 1,4 triliun lebih atau 94,83 persen. Dari sisi pembiayaan, Bupati mengatakan, sumber penerimaan pada tahun 2019 sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni berasal dari Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 61,9 miliar lebih.

“Hal itu karena kita tidak menggunakan sumber penerimaan pembiayaan lainnya seperti  pinjaman daerah. Sementara untuk pengeluaran pembiayaan pada tahun 2019 kita tidak melakukan pengeluaran pembiayaan,” ungkapnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional