Menu

Paripurna Pandangan Umum Fraksi RP-APBD 2020, Kegiatan Fisik Tertunda Rp 88, 461 M

  Dibaca : 81 kali
Paripurna Pandangan Umum Fraksi RP-APBD 2020, Kegiatan Fisik Tertunda Rp 88, 461 M
SIDANG PARIPURNA— Pjs Bupati Agam Benni Warlis menyampaikan jawaban atas pandangan DPRD terhadap Ranperda Perubahan-APBD 2020 dalam sidang paripurna, akhir pekan lalu.

AGAM, METRO
Pjs.Bupati Agam Benni Warlis menyampaikan, jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Agam, terhadap Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RP-APBD) Kabupaten Agam tahun anggaran 2020. Jawaban ini disampaikan pada rapat paripurna DPRD Agam, Jumat (2/10), yang dipimpin Ketua DPRD Agam, Novi Irwan. Turut hadir anggota DPRD, kepala OPD dan Forkopimda.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Agam, Benni Warlis menyampaikan jawaban pertanyaan tanggapan dan saran dari seluruh fraksi, terkait refocusing dan relokasi anggaran untuk penanganan Covid-19. “Pada saat refocusing dan realokasi anggaran dilakukan penambahan belanja tidak terduga sebesar Rp 66,117 miliar, sehingga jumlahnya menjadi Rp 69,667 miliar,” ujar Benni.

Karena permintaan tambahan anggaran yang cukup besar, pada saat perubahan APBD, dilakukan pengurangan terhadap belanja tidak terduga sebesar Rp 5,274 miliar menjadi Rp 64,207 miliar.

“Penggunaan belanja tidak terduga diutamakan untuk penanganan kesehatan, karena berdasarkan lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir masih cukup tinggi. Sedangkan untuk penanganan ekonomi, terutama ketahanan pangan, tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan sumber dana dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan serta Dinas Pertanian,” kata Benni.

Dari anggaran yang direfocusing ini, beberapa rencana kegiatan pembangunan fisik tertunda sebesar Rp88, 461 miliar, dengan rincian dari sumber DAU sebesar Rp 20,461 miliar, sumber DAK Fisik Rp 56,964 miliar dan DAK Non Fisik sebesar Rp 11,34 miliar.

Selain itu, di dalam RP-APBD tahun 2020, juga dilakukan peningkatan jaringan internet dengan pemasangan tower, bekerja sama dengan PT. Telkomsel, direncanakan dipasang di seluruh wilayah Kabupaten Agam yang belum memiliki akses internet, untuk membantu anak-anak dalam menjalani pembelajaran jarak jauh. “Saat ini sudah terpasang dan beroperasi satu unit tower combat di Sungai Guntuang, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah,” jelas Benni. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional