Menu

Pariangan dalam Bidikan TVRI

  Dibaca : 74 kali
Pariangan dalam Bidikan TVRI
Nagari Tuo Pariangan Kecamatan Pariangan tidak semata memiliki pesona alam yang indah, namun memiliki nilai budaya yang tinggi.

TANAHDATAR, METRO–Nagari Tuo Pariangan Kecamatan Pariangan tidak semata memiliki pesona alam yang indah, namun memiliki nilai budaya yang tinggi. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat Kementerian Pendidikan dan Kebu­dayaan untuk mengangkat sebuah program televisi bertajuk Festival Kesenian bekerjasama dengan TVRI Sumbar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra yang hadir saat pengambilan gambar di Nagari Tuo Pariangan itu saat berdialog menyebutkan jika Nagari Tuo Pariangan tidak semata memiliki potensi alam yang indah namun juga memiliki nilai budaya yang tinggi.

“Nagari Tuo Pariangan kaya budaya dan ini harus dilestarikan dan kegiatan BPNB Sumbar ini sesuai dengan program Pemerintah Daerah Tanah Datar, satu nagari, satu event,” ujarnya.

Potensi wisata lain seperti wisata alam juga dikatakan Eka Putra seperti Aua Sarumpun yang memiliki peman­dangan alam Danau Singkarak dari ketinggian.

“Dengan adanya program-program seperti ini kita berharap juga dapat menggerakkan UMKM di daerah, walau saat ini di tengah pandemi namun kita harus tetap berusaha, kita tidak patah semangat akan tetapi tentu harus dengan protokol kesehatan,” tambah Eka.

Kepala BPNB Sumbar Undri menye­but festival kesenian ini sebagai upaya menggali potensi budaya di nagari-nagari di Sumatera Barat, seperti di Nagari Tuo Pariangan.

“Di Tanah Datar kita mengangkat kesenian Alu Katentong dan Saluang, untuk lokasi pengambilan gambar kita pusatkan di Nagari Tuo Pariangan, dan kita juga menerapkan prokes yang ketat mengingat pandemi covid-19 belum juga berakhir,”ujarnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional