Menu

Pariaman Siap Ikuti Merdeka Ekspor 2021

  Dibaca : 55 kali
Pariaman Siap Ikuti Merdeka Ekspor 2021
Dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 105/PP. 210/M/07/2021 tanggal 01 Juli 2021 terkait Pelaksanaan Merdeka Ekspor 2021 serta pelepasan ekspor pertanian dari 17 pintu pengeluaran Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang, Iswan Haryanto temui Walikota Pariaman Genius Umar.

PARIAMAN, METRO–Dalam rangka menin­daklanjuti Surat Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 105/PP. 210/M/07/2021 tanggal 01 Juli 2021 terkait Pelaksanaan Merdeka Ekspor 2021 serta pelepasan ekspor perta­nian dari 17 pintu penge­luaran Kepala Balai Ka­rantina Pertanian Kelas I Padang, Iswan Haryanto temui Walikota Pariaman Genius Umar.

Namun ada yang beda, Iswan Haryanto temui Wa­ko Pariaman Genius U­mar di kawasan Pantai Kata Kota Pariaman saat me­ngikuti kegiatan Gotong Royong bersama jajaran Petugas Kebersihan, BPBD, Dishub dan Satpol PP Kota Pariaman, kemarin.

Di sela-sela kegiatan goro tersebut, Wako Genius didampingi Sekdako, Asisten dan beberapa Ke­pala OPD Pemko Pariaman luangkan waktu untuk ber­diskusi dengan Iswan Ha­ryanto bersama timnya.

Iswan Haryanto, sam­paikan kepada Genius U­mar, untuk  ikut serta dalam Pelaksanaan Merdeka Ek­spor 2021 serta melakukan Audiensi dalam rangka persiapan Pelaksanaan Merdeka Ekspor 2021 pada tanggal 19 Agustus 2021 di Denpasar, Bali yang diren­canakan akan dilakukan secara offline dan dibuka oleh Presiden RI.

“Hal ini bertujuan me­ningkatkan ekspor perta­nian, dengan inisiasi me­lalui Kementerian Per­ta­nian menggunakan aplikasi peta potensi komoditas ekspor pertanian atau I­MA­CE (Indonesia Maps of Agricultural Export),” ujar Iswan kepada Genius.

Ia menerangkan, apli­kasi IMACE dapat mem­berikan data dan informasi terkait negara tujuan, pe­laku usaha dan informasi terkait persyaratan dan prosedur ekspor serta sen­tra komoditas pertanian berorientasi ekspor dari masing-masing daerah ser­ta data lalu lintas per­karan­tinaan secara waktu nyata atau real time.

Menanggapi hal ter­sebut, Wako Genius Umar menyatakan kesiapannya untuk mengikuti kegiatan tersebut dalam mendu­kung dan mensukseskan Merdeka Ekspor 2021 serta pelepasan ekspor pert­a­nian.

“Ini langkah baik kita untuk kemajuan daerah Kota Pariaman, sehingga dengan kegiatan ini mam­pu meningkatkan ekonomi masyarakat dengan ikut serta melalakukan ekspor produk dan hasil tani yang ada di Kota Pariaman, se­perti buah-buahan, kelapa dan sayur-sayuran,” ujar Genius.

Semoga, harap Genius lagi, upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian  melalui Balai Karantina Pertanian masing-masing daerah, berdayaguna man­faat bagi pertumbuhan dan perkembangan pem­ba­ngu­nan daerah ke arah yang lebih baik lagi.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional