Close

Pariaman Perkuat Pemangku Kepentingan terhadap Pemenuhan Hak Anak

PEMBUKAAN—Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit membuka Sosialisasi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) di Kota Pariaman.

PARIAMAN, METRO–Pemko Pariaman,  mem­perkuat pemahaman pemangku kepentingan mulai dari jajaran pemerintahan yang memberikan pela­yanan langsung kepada masyarakat, aparat penegak hukum, sekolah hingga pelaku usaha di daerah itu terhadap pemenuhan hak anak.

”Mungkin dari pantau­an secara sepintas selama ini (pemenuhan hak anak) tidak terlalu difokuskan, jadi kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengingatkan kembali bagi instansi dan peserta kegiatan,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempu­an Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pariaman Gusniyetti Zau­nit.

Hal tersebut ia sampaikan usai sambutan pada Sosialisasi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) di Kota Pariaman.

Dikatakan,  adanya kegiatan tersebut maka instansi pemerintahan terutama yang berkaitan dengan pelayanan langsung terha­dap masyarakat dapat men­jadikan kantornya ramah terhadap anak salah satunya menyediakan ruangan bermain anak.

Bahkan, lanjutnya untuk sekolah tidak saja menyediakan tempat bermain untuk anak namun juga mempertimbangkan ke­nyamanan, keselamatan, dan keamanan anak saat beraktivitas.

”Begitu juga dengan Puskesmas, Puskesmas juga harus memperhatikan hak-hak anak. Jika sudah maka Puskesmas sudah dapat disematkan layak anak,” katanya.

Adapun hak-hak anak yang harus dipenuhi yaitu di antaranya hak atas ling­kungan keluarga dan pe­­ngasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejah­teraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus anak.

Gusniyetti mengatakan kegiatan tersebut dilaksa­nakan selama satu hari dengan mendatangkan na­rasumber dari pemerhati anak yang ada di provinsi tersebut. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top