Menu

Pariaman International Triathlon 2019, Promosikan Wisata dan Ekonomi Warga Meningkat

  Dibaca : 509 kali
Pariaman International Triathlon 2019, Promosikan Wisata dan Ekonomi Warga Meningkat
Walikota Pariaman, Genius Umar memasangkan medali pada pemenang Triathlon

Pariaman International Triathlon 2019 merupakan bagian dari ivent sport tourism di Kota Pariaman. Ini menjadi ivent yang sudah keenam kali digelar mulai dari tahun 2014 sampai tahun 2019.

Walikota Pariaman Genius Umar, saat membuka secara resmi pembukaan Pariaman International Triathlon 2019 yang digelar di Pantai Kata, Sabtu Pagi (23/11) mengatakan, ivent ini merupakan wisata olahraga di Kota Pariaman yang menggabungkan tiga cabang olahraga yakni renang, lari dan sepeda.

Ia mengatakan bahwa iven Pariaman International Triathlon 2019 dengan tujuan menunjang pariwisata Kota Pariaman yang sudah menjadi iven tahunan sekaligus menjadi branding Kota Pariaman pada Provinsi Sumatera Barat. Sementara untuk Indonesia tidak sampai lima daerah yang memiliki iven yang sama dengan Kota Pariaman.

Peserta yang datang dari berbagai macam daerah di Indonesia serta ikut menjadi peserta mulai dari Provinsi Sumbar, Palembang, DKI Jakarta, Jepara, Surabaya bahkan Makassar. Ia juga menyampaikan bahwa dengan hadirnya tamu dari berbagai daerah yang datang ke Kota Pariaman ini, sangat membantu mempromosikan pariwisata Kota Pariaman dengan menikmati wisata bahari yang ada disepanjang pantai Kota Pariaman.

“Sebanyak 14 orang atlet Kota Pariaman juga ikut andil dalam ajang Pariaman International Triathlon 2019. Dengan total keseluruhan peserta sebanyak 125 orang atlet menjadi peserta Duathlon pada Pariaman International Triathlon 2019 pada olahraga berlari dan bersepeda,” ujarnya.

Atlet Kota Pariaman yang diturunkan dalam kegiatan ini sudah terlatih, serta sering mengikuti berbagai iven lainnya hingga tingkat nasional. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menghasilkan bibit atlet yang bisa juara tingkat nasional nantinya.

Pariaman Internasional Triathlon 2019 tidak diikuti oleh atlet asing disebabkan karena isu ubur-ubur bluebottle yang terdampar di pantai daerah itu beberapa bulan lalu. Ia mengatakan pelaksanaan event tersebut pada tahun-tahun sebelumnya banyak diikuti oleh atlet asing yang berasal dari berbagai negara di dunia namun tahun ini tidak ada kerena isu bluebottle. Padahal, lanjutnya ubur-ubur tersebut hanya isu sehingga menurutnya aman untuk melaksanakan Pariaman Internasional Triathlon.

“Tapi tahun depan kami pastikan atlet asing akan kembali mengikuti even ini. Bahkan mantan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno akan mengikuti triathlon untuk cabang eksekutif,” katanya.

Ia mengatakan even tersebut tidak saja untuk mempromosikan pariwisata di Kota Pariaman namun juga untuk meningkatkan kemampuan atlet daerah itu agar mampu bersaing baik tingkat nasional namun juga internasional. Selain itu, langkah Pemerintahan Kota Pariaman yang sering melaksanakan iven baik tingkat nasional ataupun internasional sangat berdampak pada perekonomian masyarakat yang berada diseputran lokasi kegiatan itu. Termasuk pedagang yang ada di Pantai Kata Kota Pariaman, selama kegiatan dagangannya laris manis.

Sementara itu, pengusaha muda yang juga pernah menjadi calon wakil presiden, Sandiaga Uno menyebutkan, iven Pariaman Internasional Triathlon (PIT) yang digelar PemkoKota Pariaman diharapkan bisa meningkatkan ekonomi lokal dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Seperti kita lihat sekarang ini, banyak masyarakat yang mengadakan bazar di sini,” kata Sandi.

Lanjut Sandi, dengan begitu terlihat jelas kegiatan ini memberi efek bagi masyarakat untuk berwirausaha. Ia juga memuji keindahan Kota Pariaman, dari alam dan lautnya.

“Kota Pariaman sangat luar biasa,” ujarnya.

Ia berharap iven ini mampu memperkenalkan wisata di Kota Pariaman kepada masyarakat luas sehingga bisa menjadi salah satu tujuan utama wisatawan ketika datang ke Sumbar. Saat mendatangi iven Pariaman Internasional Triathlon, Sandi mencoba uji lintas renang dan berlari bersama Walikota Pariaman, serta masyarakat dan komunitas Pariaman Berlari. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional