Menu

Paparkan Tentang Penurunan Angka Stunting, Bupati Jadi Narasumber Raker Kesehatan Nasional, PDG.PARIAMAN, METRO

  Dibaca : 197 kali
Paparkan Tentang Penurunan Angka Stunting, Bupati Jadi Narasumber Raker Kesehatan Nasional, PDG.PARIAMAN, METRO
CEK—Ketua KPU Padangpariaman Zulnaidi saat pengecekan berkas KPPS.

Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, kemarin, menjadi narasumber pada rapat kerja kesehatan Nasional tahun 2020.  Saat itu Bupati H Ali Mukhni memaparkan tentang penurunan angka stunting di Kabupaten Padangpariaman yang dicatat dan ditangani melalui aplikasi e-PGGBM Kemenkes, menjadi kunci keberhasilan Kabupaten Padangpariaman hingga mencapai angka stunting 16,1% dan ditargetkan menjadi 14% pada tahun 2021.

“Aplikasi e-PPGBM juga mampu mencapai 98% penanganan stunting di Kabupaten Padangpariaman,” ujarnya.

Ditambah lagi katanya, dengan berkolaborasi dengan Disdukcapil Padangpariaman dalam pencatatan balita stunting berbasiskan NIK, percepatan program pencatatan berbasis aplikasi ini semakin cepat dilaksanakan.

“Selain itu, kita di Pemkab Padangapriaman memiliki komitmen bersama dan kolaborasi lintas Organisasi Perangkat daerah (OPD) sampai ke nagari serta stakeholder lainnya menjadi kunci keberhasilan program ini,” ungkap Ali Mukhni.

Katanya, sejak menerapkan program pencatatan dan pelaporan gizi masyarakat melalui sistem elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM). Sehingga sistem ini merupakan pengembangan program dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk pencapaian indikator program gizi.

“Semua program tersebut kita terapkan langsung di Kabupaten Padangpariaman untuk dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegitaan perbaikan gizi masyarakat agar diperoleh solusi penanggulangan masalah gizi dengan waktu, tempat, sasaran dan jenis tindakan yang tepat,” ujarnya.

“Nah, e-PPGBM ini merupakan sistem pengembangan dari Kemenkes RI yang merupakan RR (report & redord) rutin posyandu sebagai bentuk surveilans gizi online yang dapat dijangkau langsung. Semoga kita Pemkab Padangpariaman semakin berkembang berkat dukungan semua pihak,” tandasnya mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional