Menu

Panwascam Selatan Petakan Titik Rawan Money Politik

  Dibaca : 133 kali
Panwascam Selatan Petakan Titik Rawan Money Politik
LAPORAN KEGIATAN— Ketua Panwascam Payakumbuh Selatan, Zulfadli menyampaikan laporan kegiatan dihadapan Ketua Bawaslu Payakumbuh M.Khadafi.

SUKARNOHATTA, METRO
Ketua Panwascam Payakumbuh Selatan, Zulfadli meminta jajaran Pengawasan hingga ke tingkat Kelurahan untuk meningkatkan Pengawasan beberapa hari jelang digelarnya Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat dalam Pilkada tahun 2020 yang akan digelar 9 Desember nanti.

Peningkatan pengawasan tidak saja diharapkan dilakukan oleh petugas Pengawas, Namum juga oleh Masyarakat, terutama mereka yang sebelumnya telah mengikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020 di salah satu hotel di Kawasan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Peningkatan pengawasan beberapa hari jelang Pemberian hak pilih ini, menurut Zulfadli perlu dilakukan karena Potensi Kerawanan, terutama Politik Uang atau Money Politik semakin tinggi. Sehingga perlu dilakukan pencegahan sedari dini.

“Iya, Kita dari tingkat Panwascam sampai ketingkat Pengawas terendah memang meningkatkan Pengawasan beberapa hari jelang pemilihan atau pemberian hak pilih. Kita tidak akan kendor di Payakumbuh Selatan, kita juga memetakan tiga tempat/warung yang rawan dijadikan tempat terjadinya Money Politik,” tutur Zufadli, baru-baru ini disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Pemilu Partisipatif tahun 2020.

Zulfadli juga menambahkan, terkait Peningkatan Pengawasan itu pihaknya juga bakal melakukan Patroli hingga ke Kelurahan yang ada di Kecamatan Payakumbuh Selatan, sehingga tidak ada warga yang melakukan Money Politik, baik sebagai pemberi maupun penerima uang. Sebab mereka bisa dipidana dengan sanksi kurungan ataupun denda.

Sementara Ketua Bawaslu Payakumbuh, M. Khadafi usai membuka kegiatan Rakor Panwascam Selatan yang diikuti Perwakilan PKK, Pengurus Mesjid, Bundo Kanduang, KAN, LPM itu mengatakan bahwa pihaknya juga terus melakukan Peningkatan Pengawasan terhadap Tahapan Pilkada yang berlangsung di Payakumbuh, termasuk untuk mengingatkan 246 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (P-TPS) yang ada di Kota Payakumbuh agar meningkatkan Pengawasan terhadap hal-hal tidak sejalan dengan aturan.

“Kita di Jajaran Pengawasan terus meningkatkan Efektivitas Pengawasan terhadap hal-hal yang tidak sejalan dengan aturan. Termasuk untuk mengingatkan 246 Pengawas TPS untuk meningkatkan Pengawasan,” ucapnya.

Mantan Ketua KPU Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, Pasca Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang dilakukan bersama Tim Gabungan beberapa waktu lalu, pihaknya terus menerima laporan dari masyarakat dan Panwascam terkait kembali maraknya APK yang tidak sesuai ketentuan, baik dari segi ukuran maupun yang tidak difasiitasi oleh KPU. “Tiap hari kita menerima laporan terkait APK yang tidak sesuai aturan, dan akan kita hitung kembali untuk kita tertibkan bersama tim gabungan,” tuturnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional