Menu

Panti Asuhan Rahmatan Lil Alamin Menerima Zakat Fitrah

  Dibaca : 85 kali
Panti Asuhan Rahmatan Lil Alamin Menerima Zakat Fitrah
MENUNGGU—Lima orang panitia penerima zakat fitrah Panti Asuhan Rahmatan Lil Alamin, Atom Shoping Center, menunggu warga Kota Padang untuk membayarkan zakat kepada panti.

PADANG, METRO
Ramadhan 1442 sudah akan mencapai 15 hari, maka ada satu lagi kewajiban umat muslim yakni menjelang Idul Fitri diwajibkan membayar zakat fitrah. Zakat merupakan salah satu konsep penting dalam Islam dan menjadi bagian dari lima rukun Islam. Zakat juga memainkan peran penting dalam hal keuangan. Umumnya, membayar zakat berarti seorang muslim telah mengeluarkan kekayaan tambahan yang mereka miliki selama setahun.

Hukum zakat sendiri adalah wajib tanpa pengecualian bagi setiap umat Islam yang mampu. Dari penjelasan berbagai sumber disebutkan bahwa zakat adalah kewajiban individu (fardhu ‘ain) yang dikeluarkan oleh semua muslim yang memiliki harta.

“Jadi untuk Ramadhan 1442 H ini, pihak Panti Asuahan Rahmatan Lil Alamin, Atom Shoping Center yang dihuni oleh sekitar 65 orang anak anak menerim zakat fitrah,”ujar Ketua Panti Asuahan Rahmatan Lil Alamin, Atom Shoping Center, Imam Bonjol, Afrida Hasan, kepada POSMETRO.

Dikatakan Afrida Hasan, untuk tahun ini pembayaran zakat fitrah sesuai dengan kebutuhan sehari hari masing masing. Untuk beras Solok atau Sokan Rp40 ribu, Beras anak daro Rp35 ribu, Beras IR 42 Rp32 ribu, Beras Bulog Rp27 ribu dan Fidyah Rp 20 ribu. Semuanya tergantung pada masing masing kita,” sebut Afrida Hasan.

Ketua RW 01/RT 01, Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan Jamalus Datuk Balai Gadang didampingi Ketua RT 01/RW I. Doni Rinaldi, memgaku sangat mendukung sekali aktivitas anak anak Panti Rahmatan Lil Alamin, Atom Shoping Center, selama ini. Menjual pabukoan, melakukan bakti sosial sebelum Ramadhan dan banyak lagi.

“Untuk itu, saya berharap kepada masyarakat Kota Padang untuk bersedia membaya zakat fitrahnya ke Panti Rahmatan Lil Alamin, Atom Shoping Center, Imam Bonjol. Kelak uang zakat ini akan mereka gunakan untuk pulang kampung dan sedikit tambahan belanja untuk lebaran. Mereka berasal dari latar belakang yang berbeda. Untuk itu saya berharap partisipasinya,” tandas Jamalus Datuk Balai Gadang. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional