Close

Pantai Cimpago bakal Bebas PKL, Mursalim: Pedagang Dikembalikan ke Lapau Panjang Cimpago

TAN MALAKA, METRO–Pemerintah Kota Padang terus melakukan penataan tempat wisata. Salah satunya penataan kawasan objek wisata Pantai Padang untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung.

Seperti di Pantai Cim­pago, Kecamatan Padang Barat yang menjadi salah satu lokasi favorit pe­ngun­jung atau wisatawan. Lo­kasi ini rencananya akan dibebaskan dari Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa berjualan menjajakan ber­bagai makanan dan mi­numan serta mainan.

Sebelum melakukan pe­nataan, Satpol PP Padang bersama unsur terkait me­la­kukan rapat koordinasi yang dihadiri sejumlah unsur terkait. Rapat koor­dinasi dilaksanakan di Aula Praja Wibawa Mako Satpol PP Padang dan dihadiri Kapolsek Padang Barat, Danramil Padang Barat, Dinas Pariwisata Kota Pa­dang, Dishub, Camat Pa­dang Barat, PUPR dan Lu­rah Purus.

“Kita tidak ingin ada permasalahan timbul dike­mudian hari, maka perlu dilaksanakan rapat koor­dinasi. Karena sangat jelas PKL yang berjualan di bibir pantai Cimpago tersebut te­lah melanggar Perda,” kata Kasatpol PP Kota Pa­dang Mursalim, di Aula Mako Satpol PP Padang, Jalan Tan Malaka, Selasa (8/3).

Rencana penertiban dan penataan yang akan digelar petugas gabungan tersebut, untuk me­ngem­balikan kembali keindahan pantai, yang mana banyak­nya masyarakat sudah merasa resah karena su­dah menjamurnya PKL ber­jualan di Pantai Cim­pago tersebut.

“Pantai Cimpago meru­pakan salah satu tujuan wisata yang banyak dimi­na­ti oleh wisatawan, baik wisatawan dalam Kota Pa­dang, maupun yang datang dari luar daerah Kota Pa­dang,” ungkapnya.

Dilihat dari minat dan jumlah wisatawan yang berkunjung, Pantai Cim­pago merupakan potensi yang penting untuk terus dikembangkan oleh Peme­rintah kedepannya, tentu perlu didukung fasilitas serta kenyamanan dan ke­in­dahan dari lokasi tersebut.

“Semua PKL yang ada di bibir pantai Cimpago tersebut, telah diberikan solusi dan lokasi oleh Pe­merintah Kota Padang, yang mana seluruh PKL dipindahkan ke Lapau Pan­jang Cimpago (LPC), maka semua PKL kita kemba­likan ke LPC,” ujarnya

Dijelaskan, semua PKL yang masih berjualan di bibir Pantai Cimpago ter­sebut, jelas melanggar Per­da, maka perlu dilaku­kan tindakan tegas kepada pedagang yang tidak me­ngindahkan imbauan pe­tugas nantinya.

“Sebelum penertiban, Dinas Pariwisata akan me­la­yangkan surat kepada PKL yang masih berjualan di bibir pantai tersebut. Selain penertiban terhadap PKL yang dilakukan tim gabungan, petugas juga akan melakukan penataan terhadap parkir yang ada di sepanjang Pantai Pa­dang,” tegasnya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top