Close

Pangeran Beach Hotel Mencekam, 4 Teroris Ditembak

00
Latihan kontijensi pengamanan kepala staf negara-negara asing tersebut digelar untuk menyambut Multilateral Navas Exercise Komodo (MNEK) 2016 yang diikuti angkatan laut dari 35 negara.

PADANG, METRO–Hotel Pangeran Beach yang tenang dengan deburan ombaknya, Jumat (8/4) pagi, mencekam. Korps pasukan katak— pasukan elit TNI AL dari Koarmabar dan Koarmatim terlibat baku tembak empat teroris, sekira pukul 07.00 wib. Empat teroris tewas.

Teroris yang menyandera seorang tamu VVIP yang tengah menginap di dalam hotel itu akhirnya tewas setelah dikalahkan oleh ketangguhan pasukan elit yang diakui oleh internasional itu.

Pergerakan keempat terosis itu, meciptakan kepanikan dan teriakan para tamu hotel yang sedang sarapan pagi. Para tamu hotel berteriak sekuat tenaga, Ada bom, ada bom, teriak tamu hotel, membuat suasana hotel tersebut gaduh.

Tak lama berselang, setelah mendapat adanya informasi teroris, dari arah laut Pantai Purus, datang tiga boat sea rider (boat khusus untuk pertempuran). Sejumlah pasukan katak terjun ke laut, dan bersiaga di kawasan pantai sambil menunggu komando.

Kemudian, tim Kopaska lain datang juga dengan tiga unit mobil explosive ordnance dispossal (EOD) atau tim ahli penjinak bom. Dengan peralatan komplet, pasukan itu bersiaga pula menanti perintah.

Setelah itu, tujuh pasukan Kopaska turun dari helikopter (quick reaction force), dengan bergelantungan ditali. Sambil mengedap-endap menyusup ke titik tempat penyanderaan. Setelah ada perintah yang terarah, pasukan terlatih itu lalu dengan langkah sigap, menuju ruang makan tempat disandera tamu hotel itu. Satu-satu persatu pasukan tersebut maju kedepan.

Mengetahui ada pasukan Kopaska datang. Para teroris panik, mereka melawan dengan melepaskan menembak membabi buta. Mendapat perlawanan Kopaska balik menyerang, baku tembak terjadi. Selongsongan peluru berserakan.

Saat baku tembak, dua teroris yang berada di ruang makan tewas. Sedangkan dua teroris lainnya lari ke puncak gedung. Tamu yang disandera itu, diselamatkan  dievakuasi dengan membawanya menggunakan sea rider.

Dengan menggunakan tangga cobra, tim ascender Kopaska, menaiki salah satu atap, lalu menaiki gedung enam lantai dengan tali. Sesampai di puncak gedung, baku tembak kembali terjadi, pasukan Kopaska akhirnya menembak mati dua teroris. Dan, bom bisa dikuasai.

”Ini merupakan latihan kontijensi sewaktu-waktu apabila ada kejadian serta kesiapan pengamanan untuk kelancaran pelaksanaan Komodo 2016,” kata Kolonel Laut (E) Monang  H Sitompul, Komandan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmabar, TNI AL.

Multilateral Navas Exercise Komodo (MNEK) 2016 yang diikuti angkatan laut dari 35 negara dimulai pada 12 April 2016, yang diikuti 35 negara. Iven tersebut merupakan kegiatan dalam misi perdamaian negara. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top